Kompas TV video cerita indonesia

Mensos Risma Lelang Mobil Rolls Royce Undian untuk Bantu Korban Bencana

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 23:01 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Sosial Tri Rismaharini akan melelang mobil-mobil mewah yang tidak dipakai seperti salah satunya mobil Rolls-Royce yang berasal dari program undian sebuah maskapai penerbangan.

"Jadi sesuai dengan undang-undang, bahwa ada undang-undang yang mengatur tentang undian, nah undian yang tidak tertebak dan undian yang tidak diambil itu diserahkan ke Kementerian Sosial," kata Risma di lokasi.

Lelang ini diharapkan bisa segera dilaksanakan paling cepat Maret 2021.

Menteri sosial Tri Rismaharini jelaskan, sejumlah barang yang disimpan pemerintah antara lain 9 unit mobil, 27 sepeda motor, smartphone, tas bermerek hingga perhiasan.

Salah satu mobil yang akan dilelang yakni Rolls Royce tahun 2016 dengan kisaran harga awal 8,3 Milyar Rupiah.

Risma juga mengaku sudah menyampaikan rencana lelang kepada Presiden Jokowi, dan kini Pemerintah akan segera menetapkan limit lelang terhadap barang tersebut yang teknis lelang akan ditentukan oleh balai lelang.

"Jadi kan ada dana, kalau undian kan dipotong 10 persen, itu juga masuk ke Kemensos. Itu yang kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Itu karena kemarin saya jalan di tempat bencana, saya sampaikan ke Bapak Presiden saat itu, 'Bapak gimana kalau itu (dilelang) untuk membantu masyarakat yang terkena bencana termasuk yang rumah-rumahnya hancur karena bencana'," ujarnya.

Nantinya seluruh hasil lelang akan dipakai membantu korban bencana seperti bentuk pemberian rumah.

Selain itu, pemerintah juga akan mendistribusikan barang undian lain seperti pakaian dan alat dapur kepada warga terdampak bencana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x