Kompas TV regional peristiwa

Kerumunan Warga Sambut Jokowi, Istana: Presiden Ingatkan Warga Taati Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 21:18 WIB
kerumunan-warga-sambut-jokowi-istana-presiden-ingatkan-warga-taati-protokol-kesehatan
Presiden Jokowi melambaikan tangan pada warga Maumere, NTT yang menyambutnya, Selasa (23/2/2021). (Sumber: Jayalah.negeriku)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video beredar di media sosial menunjukkan kerumunan warga mengelilingi Presiden Joko Widodo. Pihak Istana Kepresidenan menjelaskan, Presiden Jokowi sedang menyapa warga sambil mengingatkan soal protokol kesehatan.

Video itu berlatar di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Presiden Jokowi terlihat berdiri di mobil dengan atap terbuka.

Jokowi mengenakan masker, sementara warga berkerumun mengelilingi mobil Presiden hingga tak bisa bergerak. Warga ramai berteriak menyambut Jokowi.

Baca Juga: Momen Jokowi Turun ke Sawah Hujan-Hujanan Saat Tinjau Food Estate di NTT

Jokowi pun melambaikan tangan kepada warga. Tak lama, ia juga memberi bingkisan kepada warga dengan cara melempar.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan kejadian dalam video itu saat menemui wartawan, Selasa (23/2/2021). 

“Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete,” kata Bey memastikan.

Bey menyebut, masyarakat saat itu sudah menunggu kedatangan rombongan Presiden Jokowi di pinggir jalan.

Baca Juga: Mobil Presiden Jokowi Sempat Tertahan Antusiasme Warga di NTT

“Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti,” kata Bey lagi.

Menurut Bey, Jokowi spontan menyapa warga yang menyambut dirinya.

“Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker,” jelas Bey.

Ia mengungkapkan, video itu juga memperlihatkan Jokowi membuat isyarat tangan di depan mulut. Itu adalah cara Jokowi mengingatkan warga soal protokol kesehatan Covid-19.

“Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” tambah Bey.

Baca Juga: Soal Karhutla, Ancaman Jokowi akan Copot Pangdam, Kapolda, Dandim Hingga Kapolres Masih Berlaku

Bey mengatakan, pemberian suvenir itu merupakan tindakan spontan Jokowi. Bingkisan itu berisi kaus dan masker.

“Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," tegas Bey.

Kunjungan Jokowi ke NTT ini dalam rangka menengok proyek lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah dan peresmian Bendungan Napun Gete. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x