Kompas TV nasional sosial

Sudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12? Ini Besaran Insentif yang Bakal Diterima

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 20:26 WIB
sudah-daftar-kartu-prakerja-gelombang-12-ini-besaran-insentif-yang-bakal-diterima
Tangkapan layar akun Instagram Kartu Prakerja yang menampilkan dibukanya pendaftaran Gelombang 12 (Sumber: Instagram @prakerja.go.id)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi membuka program Kartu Prakerja Gelombang 12, Selasa (23/2/2021).

Pada Gelombang 12 ini disediakan kuota hingga 600.000 orang dengan target sebanyak 2,7 juta penerima pada semester pertama.

“Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 ribu peserta, dan target pesertanya 2,7 juta. Ini diharapkan bisa selesai dalam bulan Maret 2021 mendatang. Anggaran mencapai Rp 10 triliun," kata Airlangga dalam jumpa pers secara daring.

Baca Juga: Gelombang 12 Resmi Dibuka, Cek Syarat & Ketentuan Daftar Kartu Prakerja!

Pada Kartu Prakerja Gelombang 12 ini, pemerintah memberikan insentif kepada setiap peserta yang meliputi insentif paska pelatihan dan insentif paska survei dimana setiap peserta juga akan mendapatkan bantuan pelatihan.

Melansir laman prakerja.go.id, adapun nilai manfaat yang akan diterima oleh setiap peserta yakni: Bantuan pelatihan Rp 1 juta.

Insentif paska pelatihan dengan total Rp 2,4 juta (Rp 600 ribu x 4 bulan). Insentif paska survei total Rp 150 ribu (Rp 50 ribu x 3 survei).

Sehingga Total insentif yang akan diterima adalah Rp 1 juta (bantuan pelatihan), ditambah Rp 2,4 juta (insentif paska pelatihan), ditambah Rp 150 ribu (insentif paska survei) yakni Rp 3.550.000.

Baca Juga: Sejumlah Pendaftar Laporkan Kendala, Ini Penjelasan Pihak Prakerja

Nah, sudah tahu kan besaran nilai insentif peserta yang ikut dalam program Kartu Prakerja Gelombang 12. Setelah tahu, segeralah mendaftar dengan memperhatikan syarat-syaratnya.

Adapun persyaratan sama dengan sebelumnya, yakni:

- WNI

- berusia 18 tahun ke atas

- Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru dan program PHK)

- Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja

- Wirausaha

- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Baca Juga: Belum Punya Akun Prakerja? Ini Cara Buat Sebelum Daftar Kartu Prakerja, Cek www.prakerja.go.id



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.