Kompas TV nasional update

Ini Prakiraan Cuaca BMKG untuk Tanggal 24-25 Februari

Selasa, 23 Februari 2021 | 20:10 WIB

KOMPAS.TV - Potensi hujan sedang hingga lebat besok (24/2), diprediksi terjadi di sejumlah titik di Indonesia.

Sementara Wilayah Jabodetabek, diprediksi akan kembali diguyur hujan, intensitas sedang hingga lebat pada 24 dan 25 Februari atau pada hari Rabu dan Kamis.

Peneliti Sains Atmosfer pada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, LAPAN, Dr. Erma Yulihastin mengatakan bahwa hujan ekstrem diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 05.00 WIB.

Hujan ekstrem dini hari ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS (Cross Equatorial Northerky Surge) dan angin utara di Laut Jawa yang bersifat sangat lembab. 

Baca Juga: BMKG Sebut Lima Provinsi Ini Bakal Hujan Lebat dan Berdampak Banjir

Sementara itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan ekstrem di Pulau Jawa, pada 24 hingga 25 Februari mendatang.

Dari data BMKG, 6 provinsi di Pulau Jawa yang berstatus siaga banjir, adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

Pemprov Jakarta pun bersiap meningkatkan daya tampung air, mulai dari sumur resapan, peningkatan jumlah pompa air, hingga grebek lumpur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menilai Jakarta memiliki beberapa tantangan mulai banjir rob, banjir lokal dan banjir kiriman dari hulu.

 

Penulis : Anjani Nur Permatasari




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:48
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG