Kompas TV regional berita daerah

Disabilitas Sulap Limbah Kayu Jadi Kaligrafi dan Miniatur

Selasa, 23 Februari 2021 | 19:01 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Seorang pria disabilitas asal Kota Bandar Lampung mampu bangkit dari keterbatasan yang dimiliki.

Pria itu bernama Takdir Ilahi. Takdir memiliki kelainan fisik pada pergelangan dan jari tangannya sejak lahir.

Namun, kondisi itu tak menyurutkan sedikitpun semangatnya untuk terus menjalani hidup. Hal itu ia buktikan dengan kerja kerasnya menggeluti usaha ukiran kaligrafi.

Di rumahnya yang berada di Kawasan Kebun Jeruk, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung, Takdir menjalani aktivitasnya.

Bukan juga dari bahan baku yang mahal, Takdir justru memanfaatkan kayu bekas yang ia dapat dari sekitar tempat tinggalnya.

Selanjutnya Takdir membuat pola terlebih dahulu pada limbah kayu yang telah ia bersihkan, cara ini dilakukan untuk mempermudah saat proses memahat kaligrafi.

Baca Juga: "Lampung Street Feeding" Komunitas Peduli Kucing Jalanan

Tahap berikutnya adalah proses pengecatan dengan corak warna yang telah ditentukan, pada tahap ini Takdir melakukannya dengan hati-hati demi menghasilkan karya yang bernilai seni.

Tak hanya pahatan kaligrafi, Takdir juga membuat miniatur motor dan hiasan dinding berbahan kayu.

Karena keuletannya, kini karyanya bisa dihargai hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kerumitan saat membuatnya. Takdir mematahkan anggapan bahwa keterbatasan bukan jalan untuk menyerah, melainkan bisa memupuk semangat untuk lebih produktif dalam berkarya.

#karyadisabilitas #kaligrafi #kisahinspiratif

Penulis : Kompastv Lampung




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:35
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG