Kompas TV klik360 cerita indonesia

Penemuan Fosil Gigi, Bukti Hiu Megalodon Pernah Hidup di Sukabumi

Selasa, 23 Februari 2021 | 21:53 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Puluhan fosil gigi hiu purba Megalodon ditemukan oleh warga desa Gunung Sungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Penemuan fosil gigi hiu Megalodon berawal ketika warga desa akan membuka lahan pertanian di wilayah tersebut. 

Namun saat dilakukan penggalian, beberapa orang warga menemukan batu mirip gigi besar di dalam bongkahan batu.

Karena aneh dan penasaran, warga berinisiatif untuk mencari informasi lewat internet. Hasilnya diketahui bahwa benda yang mereka temukan adalah gigi hiu purba Megalodon.

Warga desa langsung melaporkan temuan fosil tersebut pihak desa setempat dan juga Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Sudah ada 5 titik di kawasan desa Gunung Sungging, tempat ditemukannya fosil gigi hiu. 5 titik tersebut terletak di kampung Salenggang, Cigintung, Cilutung, Cigulingan dan kampung Curug Lubang.

Aparat desa membuat sebuah museum sedernaha di salah satu lokasi, dekat dengan ditemukannya gigi hiu purba tersebut.

Penemuan gigi hiu purba tersebut juga dibenarkan oleh peneliti dari Museum Geologi Bandung.

Oman Abdurahman, salah seorang peneliti, menjelaskan bahwa fosil gigi hiu terbesar yang pernah ditemukan berada di Amerika Latin dengan panjang gigi 18 centimeter. 

Video Editor: Agung Ramdani
 

Penulis : Aryo bimo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:28
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG