Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Selasa, 23 Februari 2021 | 16:17 WIB
amerika-serikat-tangkap-ratu-narkoba-meksiko-istri-el-chapo
Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko El Chapo. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kepolisian Amerika Serikat menangkap Emma Coronel Aispuro, “ratu” kartel narkoba asal Meksiko di Bandara Internasional Dulles, Senin (22/2/2021). Coronel adalah istri Joaquin "El Chapo" Guzman, bos kartel narkoba asal Meksiko.

Otoritas Amerika mendakwa Coronel karena membantu suaminya melakukan perdagangan narkoba dari balik jeruji besi. Dokumen dakwaan mencatat, ia menyampaikan pesan dari Guzman dan memfasilitasi perdagangan narkoba setelah El Chapo tertangkap pada 2014.

Coronel mesti menjalani sidang di pengadilan federal di Washington pada hari Selasa (23/2/2021) waktu setempat.

Baca Juga: Kapolri Bakal Beri Reward ke Anak Buah yang Ungkap Peredaran Narkoba di Internal Polri

Pernyataan tertulis yang terlampir dalam surat dakwaan juga merinci dugaan keterlibatan Coronel dalam pelarian suaminya dari penjara Meksiko pada tahun Juli 2015. 

Coronel membantu merencanakan pelarian itu bersama putranya dan Dámaso López Núñez, teman kepercayaan El Chapo. Mereka membuat rencana yang lebih terperinci daripada rencana pelarian El Chapo pada 2001.

Jaksa penuntut mengatakan pelarian dari penjara Altiplano di Meksiko itu sukses berjalan menggunakan terowongan sepanjang satu mil yang tersambung ke sel El Chapo. 

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:42
PRESIDEN AS JOE BIDEN AKAN HUKUM PIHAK YANG DIDUGA MELANGGAR HAM TERKAIT KASUS PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI TEGASKAN PIHAKNYA BEKERJA SESUAI PROSEDUR HUKUM YANG BERLAKU DALAM OTT 6 ORANG DI SULSEL   WAKIL KETUA MPR SYARIEF HASAN MINTA PEMERINTAH TINJAU ULANG SOAL IZIN INVESTASI MIRAS    BKPM BERENCANA MENGAJAK MUI UNTUK BERKOORDINASI TERKAIT PENERBITAN IZIN INVESTASI MIRAS DI DAERAH    POLISI TANGKAP 12 TERDUGA TERORIS DI SEJUMLAH WILAYAH DI JAWA TIMUR TERKAIT JARINGAN JAMAAH ISLAMIYAH   KETUM PBNU SAID AQIL SIROJ MINTA PEMERINTAH INSTRUKSIKAN KEPADA PNS HINGGA PEGAWAI BUMN MEMBAYAR ZAKAT 2,5%    PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA JAJARAN NU BANTU PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MENGHADIRI HARLAH NAHDLATUL ULAMA (NU) KE-98 SECARA VIRTUAL   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT PROGRAM PETANI MILENIAL DIMULAI PERTENGAHAN MARET 2021   GUNUNG MERAPI ERUPSI KEMBALI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1 KM PADA SABTU MALAM    POLDA METRO KLAIM KAMPUNG TANGGUH DI PASEBAN, SENEN, JAKPUS, MAMPU TEKAN PENYEBARAN COVID-19    KEMENKES: VAKSINASI GOTONG ROYONG HANYA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ATAU BADAN USAHA KEPADA KARYAWAN   JUBIR VAKSINASI COVID-19 TEGASKAN TAK ADA MEKANISME VAKSINASI MANDIRI BAGI INDIVIDU ATAU BELI SECARA PERORANGAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN TARGETKAN 38 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSIN COVID-19 PADA AKHIR JUNI 2021