Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 16:17 WIB
amerika-serikat-tangkap-ratu-narkoba-meksiko-istri-el-chapo
Emma Coronel Aispuro, istri bos kartel narkoba Meksiko El Chapo. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ahmad Zuhad

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kepolisian Amerika Serikat menangkap Emma Coronel Aispuro, “ratu” kartel narkoba asal Meksiko di Bandara Internasional Dulles, Senin (22/2/2021). Coronel adalah istri Joaquin "El Chapo" Guzman, bos kartel narkoba asal Meksiko.

Otoritas Amerika mendakwa Coronel karena membantu suaminya melakukan perdagangan narkoba dari balik jeruji besi. Dokumen dakwaan mencatat, ia menyampaikan pesan dari Guzman dan memfasilitasi perdagangan narkoba setelah El Chapo tertangkap pada 2014.

Coronel mesti menjalani sidang di pengadilan federal di Washington pada hari Selasa (23/2/2021) waktu setempat.

Baca Juga: Kapolri Bakal Beri Reward ke Anak Buah yang Ungkap Peredaran Narkoba di Internal Polri

Pernyataan tertulis yang terlampir dalam surat dakwaan juga merinci dugaan keterlibatan Coronel dalam pelarian suaminya dari penjara Meksiko pada tahun Juli 2015. 

Coronel membantu merencanakan pelarian itu bersama putranya dan Dámaso López Núñez, teman kepercayaan El Chapo. Mereka membuat rencana yang lebih terperinci daripada rencana pelarian El Chapo pada 2001.

Jaksa penuntut mengatakan pelarian dari penjara Altiplano di Meksiko itu sukses berjalan menggunakan terowongan sepanjang satu mil yang tersambung ke sel El Chapo. 

Dakwaan itu juga menduga sang ratu narkoba membantu percobaan pelarian pada 2016 saat otoritas Amerika hendak membawa El Chapo ke Amerika Serikat. Seorang saksi yang tidak mau disebutkan namanya dibayar $ 1 juta untuk membantu pelarian kedua itu.

Coronel sebenarnya bukan buronan di Meksiko. Mengutip Reuters, seorang pejabat anonim asal Meksiko mengatakan penangkapan Coronel tampaknya semata-mata merupakan inisiatif AS.

Baca Juga: Tembus 500.000 Kematian, Covid-19 Menjadi Wabah Paling Mematikan di Amerika Serikat dalam 100 Tahun

“[Ini] pertanda tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan,” kata mantan duta besar Meksiko untuk Amerika Serikat Arturo Sarukhan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.