Kompas TV tekno gadget

Mengintip Bocoran Fitur Baru Android 12: Auto Rotate hingga Mode Gaming Bawaan

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 19:35 WIB
mengintip-bocoran-fitur-baru-android-12-auto-rotate-hingga-mode-gaming-bawaan
Bocoran Android 12 dikabarkan punya fitur auto rotate baru dan mode gaming bawaan (Sumber: XDA Developers)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beragam bocoran soal fitur baru Android 12 sudah banyak beredar di dunia maya. Di antaranya adalah fitur auto-rotate baru dan mode gaming bawaan.

Android 12 sendiri diperkirakan akan diperkenalkan oleh Google dalam ajang Google I/O pada Mei mendatang. Seperti dihimpun GSM Arena, XDA Developers membagikan detail fitur-fitur baru yang diusung sistem operasi dengan nama kode Snow Cone ini.

Baca Juga: Ternyata 7 Fitur Baru iOS 14 Sudah Ada di Android Sejak Lama

Fitur auto-rotate baru yang akan diterapkan Android 12 kabarnya akan mengandalkan kamera depan perangkat untuk mendeteksi aktivitas pengguna saat beralih dari mode vertikal ke horizontal.

Fitur rotasi otomatis yang tersedia saat ini masih mengandalkan data gabungan dari sensor akselerometer dan giroskop ponsel. Data dari dua sensor ini disebut kurang akurat ketika mendeteksi mode yang sedang digunakan pengguna.

Kemudian ada fitur GameManager, yang dideskripsikan sebagai layanan untuk mengatur seluruh fitur yang berkaitan dengan game.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur tingkat kecerahan, suara, hingga adanya mode "Do Not Disturb" untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih apik. Fitur ini kemungkinan akan dapat menyala secara otomatis ketika pengguna mulai menjalankan game.

Android 12 juga dikabarkan akan memiliki tombol toggle sebagai pintasan untuk menyesuaikan kecerahan layar ponsel. Toggle ini berfungsi mengurangi kecerahan layar ponsel dengan kapasitas tertentu yang telah disediakan.

Baca Juga: Teknologi Baru Google, Ukur Detak Jantung dan Laju Pernapasan Menggunakan Kamera Ponsel

Bocoran tampilan antarmuka (UI) Android 12 (Sumber: XDA-Developers.com)

Selain fitur, Android 12 juga mengusung tampilan antarmuka (UI) dengan desain yang simple dan memadukan warna yang solid.

Dari tampilan tersebut, isi percakapan tak cuma terdapat di menu pull-down notifikasi, tapi juga bisa melalui widget baru yang akan menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi bertukar pesan.

Area notifikasi sendiri kini tak lagi transparan, diganti warna beige solid, yang kemungkinan dapat berubah jika mengaktifkan tema atau mode gelap.

Bocoran tampilan antarmuka (UI) Android 12 (Sumber: XDA-Developers.com)

Yang unik dari bocoran tampilan antarmuka Android12 adalah adanya tampilan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Pengguna akan diingatkan setiap kali ada aplikasi yang akan menggunakan kamera atau mikrofon di perangkat.

Indikator privasi ini kabarnya wajib dimunculkan di semua perangkat yang menjalankan Android 12. Selain itu kemungkinan juga akan ada toggle privasi yang bisa menon-aktifkan semua fungsi kamera dan mikrofon.

Kabarnya Google akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini. Dengan begitu, tampilan dan fitur-fitur baru dari sistem operasi itu bakal diketahui dengan lebih jelas dalam waktu dekat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x