Kompas TV tekno gadget

Ponsel Baru Berkamera Selfie 100 Megapiksel Akan Segera Hadir

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 18:23 WIB
ponsel-baru-berkamera-selfie-100-megapiksel-akan-segera-hadir
Ilustrasi kamera depan smartphone (Sumber: Pexels/Lisa Fotios)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ponsel dengan resolusi kamera belakang lebih dari 100 MP telah beredar setahun belakangan. Namun, kabar terbaru menyebut bahwa dalam waktu dekat, ponsel dengan kamera selfie 100 megapiksel akan segera hadir.

Kabar tersebut datang dari laporan Digital Chat Station. Tidak banyak informasi yang diberikan dalam laporan tersebut selain kamera selfie di ponsel dengan resolusi 100 MP. 

Ia juga tidak mengungkapkan secara rinci siapa produsen yang akan membuat ponsel itu, namun kemungkinan besar ponsel yang dimaksud akan dibuat oleh pabrikan asal China.

Baca Juga: Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro Resmi Melenggang, Dukung 5G serta Kamera 108 MP

Jika kabar tersebut benar, akan muncul pembahasan mengenai penerapan sensor 100 MP yang dibenamkan di dalam ponsel. Seperti diketahui, tingginya resolusi kamera akan berpengaruh pada ukuran fisik ponsel. 

Sehingga kemungkinan besar kamera selfie tersebut tidak akan ditaruh dalam sebuah poni (notch) ataupun lubang (punch hole).

Melansir KompasTekno dari Gizmochina, ada dua cara yang dapat dilakukan vendor ponsel untuk meletakkan kamera depan dengan resolusi tinggi.

Pertama dengan menerapkan mekanisme kamera pop-up. Langkah ini dipercaya dapat mengakomodasi besarnya sensor kamera yang juga membutuhkan ruang yang besar.

Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Smartphone dengan Baterai Jumbo

Kedua, menggunakan mekanisme flip. Ponsel seperti Asus Zenfone 6 dan Zenfone 7 sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi ini.

Dengan mekanisme flip, layar ponsel dapat dimaksimalkan tanpa harus ada notch atau punch-hole. Hal ini dikarenakan kamera belakang juga berfungsi sebagai kamera depan saat dibalik.

Meski demikian, kabar tersebut baru sebatas rumor, dan belum ada konfirmasi oleh vendor smartphone manapun.

Kabar kehadiran ponsel dengan kamera depan beresolusi tinggi bukan kali pertama muncul. Sebelumnya, vendor ponsel pintar ZTE disebut-sebut akan merilis Axon 30 Pro, ponsel dengan resolusi kamera depan 200 megapiksel.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x