Kompas TV regional update corona

Distribusi Vaksin Covid-19 Terkendala Cuaca

Rabu, 17 Februari 2021 | 18:01 WIB

NIAS SELATAN, KOMPAS.TV - Pengiriman vaksin covid-19 ke Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, terkendala cuaca dan tidak adanya listrik yang memadai.

Hingga saat ini, baru ada lima puskesmas yang menerima vaksin covid-19.

Proses vaksinasi di Kabuspaten Nias Selatan, Sumatera Utara, berjalan lambat. Selain karena wilayahnya yang memiliki seratus satu pulau, faktor cuaca juga menjadi kendala penyaluran vaksin covid-19.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Vaksin Merah Putih Diproduksi Akhir 2021

Vaksin covid-19 dikirim menggunakan speed boat agar lebih cepat sampai sehingga vaksin tidak cepat rusak.

Termasuk saat mengirim ke Puskesmas Tello di Kepulauan Batu yang dapat ditempuh selama 6 jam perjalanan.

Dengan menggunakan kapal cepat, waktu tempuh dapat dipangkas 3 hingga 4 jam.

Tenaga kesehatan di puskesmas ini pun bisa mendapatkan vaksin covid-19.

Mereka mengaku bisa bekerja lebih tenang jika telah mendapatkan vaksin.

Vaksin covid-19 telah disalurkan ke seluruh puskesmas di Kabupaten Nias Selatan dan masih disimpan dalam cool chain untuk menjaga kondisi vaksin.

Walau mendapatkan kendala dan hambatan saat penyaluran vaksin, terutama pada cuaca buruk di laut, tidak menjadi halangan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Nias selatan untuk menyalurkan vaksin covid-19 ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Nias Selatan.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:50
WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA MENPAN RB TINDAK TEGAS ASN YANG TERBUKTI BERAFILIASI DENGAN JARINGAN TERORIS   KLHK MINTA MASYARAKAT BERKONTRIBUSI DALAM USAHA MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN KURANGI TIMBUNAN SAMPAH    KEMENKOMINFO DORONG PEREMPUAN INDONESIA UNTUK BERINOVASI MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL   SATGAS SEBUT VARIAN VIRUS KORONA B.1.617 ATAU MUTASI GANDA INDIA BELUM DITEMUKAN DI RI   BUPATI SLEMAN MINTA ASN LAKUKAN “BORONG BARENG” PRODUK UMKM LOKAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: INDONESIA WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SEPERTI INDIA   PEMKOT BATAM SIAPKAN ASRAMA HAJI UNTUK KARANTINA PEKERJA MIGRAN INDONESIA DARI MALAYSIA DAN SINGAPURA   SATGAS: VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN AMAN DAN TIDAK BATALKAN PUASA   SATGAS INGATKAN WARGA DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN MESKI SUDAH DIVAKSIN COVID-19   SATGAS: TES COVID-19 DENGAN GENOSE SUDAH TERSEDIA DI 12 BANDARA   PT JASA MARGA KEMBALI LANJUTKAN PEKERJAAN REKONSTRUKSI TOL JAKARTA-CIKAMPEK    SATGAS: TIDAK MUDIK LINDUNGI KELUARGA DI KAMPUNG HALAMAN DARI COVID-19   MENSOS MINTA PENGELOLA GEDUNG LOGISTIK KEMENSOS DAPAT KELOLA STOK BANTUAN SECARA DIGITAL   MENTERI KETENAGAKERJAAN TEGASKAN BERKOMITMEN MEMBERI PERLINDUNGAN TERHADAP PEKERJA PEREMPUAN