Kompas TV nasional sosial

Siap-Siap, April Mulai Pendaftaran CPNS 2021

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 08:03 WIB
siap-siap-april-mulai-pendaftaran-cpns-2021
Ilustrasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (Sumber:KompasTV)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.COM- Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 bakal dibuka dalam waktu dekat ini. Jika tak ada kendala rekrutmen calon abdi negara itu akan dilakukan pada April mendatang. 

Melansir Kontan.co.id, dua menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo dan Menteri Keuangan disebut telah menyetujui rencana kebutuhan ASN dalam tes CPNS 2021.

"Rencananya bulan Maret akan ditetapkan formasinya (formasi CPNS 2021), dan bulan April-Mei dibuka proses pendaftaran ( penerimaan CPNS 2021), dan Juni mulai dilakukan seleksi," ujar Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Siap-siap Dibuka 1,3 Juta Lowongan CPNS pada 2021, Ini Jadwal Perekrutan dan Formasinya

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan juga Kemenkeu. 

"Untuk formasi CPNS 2021 dan instansi mana saja yang membuka peluang, kami masih mengolah data yang masuk. paling cepat akan diumumkan pada akhir Maret," kata dia lagi.

Seleksi ASN akan terbagi menjadi dua posisi. Antara lain adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK).

Baca Juga: Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka, Cek Tahap Pendaftaran di Portal SSACSN

"Secara total tahun 2021 pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN sejumlah sekitar 1.300.000," imbuh Teguh.

Dia menjelaskan, formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat ditetapkan sebanyak 83.000 orang. Rinciannya formasi tersebut terbagi untuk PPPK dan CPNS masing-masing 50 persen.

"Rincian angka detailnya akan diumumkan kemudian," jelas Teguh.

Terkait tenaga honorer terbatas untuk menjadi PNS, dirinya menepis hal tersebut. Tenaga honorer tetap bisa mengikuti seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Instansi Pemerintah Ini Buka Formasi Lulusan SMA/SMK Sederajat saat Seleksi CPNS 2021, Mana Saja?

Sebagai informasi, sejak Januari hingga Februari ini, pemerintah terus melakukan verifikasi dan validasi ulang terhadap usulan jumlah formasi yang masuk tersebut.

Diharapkan pada akhir Maret ini, formasi dan waktu tes CPNS 2021 sudah bisa ditetapkan dan diumumkan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x