Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Kasus Suap Jaksa Pinangki, Siapa di Balik Sosok "King Maker"? - Opini Budiman

Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:01 WIB

Misteri ‘King Maker' Jaksa Pinangki

Majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis hukuman 10 tahun penjara untuk Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Vonis melebihi tuntutan jaksa itu, menyisakan teka-teki, menyisakan misteri mengenai sosok ‘King Maker' dalam perkara terpidana korupsi Joko Tjandra.

Adanya ‘King Maker” terungkap di persidangan. Berdasarkan percakapan chat antara jaksa Pinangki dengan advokat Anita Kolopaking, soal adanya 'King Maker'. Saksi Rahmad membenarkan adanya 'King Maker'.

Tapi siapa 'King Maker' itu? Ketiga orang itu menutup rapat siapa sebenarnya ‘King Maker'.

Aktivis antikorupsi Boyamin Saiman dikutip Harian Kompas menyebutkan, 'King Maker' adalah sosok dengan jabatan tinggi dan instruksinya dipatuhi Pinangki.

Pengadilan belum bisa mengungkap siapa sutradara atau 'King Maker' di balik kasus Joko Tjandra. Namun, pengadilan meyakini ada aktor lain yang disebut sebagai ‘King Maker'.

Pengadilan juga meyakini bahwa jaksa Pinangki sudah terbiasa mengurus perkara. Bahkan, nama Pinangki disebut-sebut ikut terlibat di balik pemberian grasi terpidana korupsi Annas Maamun.

Penggunaan bahasa sandi dalam kasus korupsi adalah lazim. Itu biasa digunakan, itu adalah bagian pemufakatan untuk menutupi kejahatan.

Pernah terdengar istilah apel washington, apel malang, dalam kasus korupsi. Hanya kejelian dan keseriusan yang bisa mengungkap sandi-sandi para pemain perkara.

KPK punya pengalaman untuk mengungkap sandi-sandi itu.

Lalu apakah 'King Maker' akan terungkap?

Apakah KPK berani masuk? Sejarah akan mencatatnya... 

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:28
MULAI 16 MEI 2021, SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" HINGGA 13 JUNI 2021   LEBIH DARI 350.000 ORANG DI JEPANG MENANDATANGANI PETISI YANG MEMINTA OLIMPIADE TOKYO DIBATALKAN   WHO PERINGATKAN PANDEMI COVID-19 TAHUN INI BISA LEBIH PARAH DARIPADA SEBELUMNYA   MUSEUM MADAME TUSSAUDS PINDAHKAN PATUNG LILIN HARRY-MEGHAN DARI ANGGOTA KELUARGA KERAJAAN INGGRIS    PEMERINTAH: 15 MEI 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 15.469.561 SPESIMEN   HINGGA 15 MEI 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 84.063 ORANG    SATGAS COVID-19: ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 144 KASUS, TOTAL 47.967 KASUS    SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH BERTAMBAH 4.181 ORANG, TOTAL 1.597.067 ORANG    SATGAS COVID-19: DI INDONESIA ADA PENAMBAHAN 2.385 KASUS POSITIF KORONA, TOTAL 1.736.670 KASUS   POLDA JATIM GELAR PENYEKATAN SERENTAK DAN TES CEPAT COVID-19 SECARA ACAK DI 29 TITIK POS PENYEKATAN   MENHUB PASTIKAN PEMBANGUNAN PELABUHAN PENYEBERANGAN SAMPALAN DI NUSA PENIDA, BALI, TETAP BERJALAN   TNI AL SELAMATKAN 27 ABK KAPAL SINAR MAS YANG TERBAKAR DI LAUT NATUNA UTARA    PT KCI: TES CEPAT ANTIGEN SECARA ACAK DI STASIUN MANGGARAI, BOGOR, BEKASI, & TANGERANG DILAKUKAN HINGGA 16 MEI 2021   PT KCI LAKUKAN TES CEPAT ANTIGEN SECARA ACAK KE PENUMPANG KRL DI STASIUN MANGGARAI, BOGOR, BEKASI, & TANGERANG