Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Kasus Suap Jaksa Pinangki, Siapa di Balik Sosok "King Maker"? - Opini Budiman

Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:01 WIB

Misteri ‘King Maker' Jaksa Pinangki

Majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis hukuman 10 tahun penjara untuk Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Vonis melebihi tuntutan jaksa itu, menyisakan teka-teki, menyisakan misteri mengenai sosok ‘King Maker' dalam perkara terpidana korupsi Joko Tjandra.

Adanya ‘King Maker” terungkap di persidangan. Berdasarkan percakapan chat antara jaksa Pinangki dengan advokat Anita Kolopaking, soal adanya 'King Maker'. Saksi Rahmad membenarkan adanya 'King Maker'.

Tapi siapa 'King Maker' itu? Ketiga orang itu menutup rapat siapa sebenarnya ‘King Maker'.

Aktivis antikorupsi Boyamin Saiman dikutip Harian Kompas menyebutkan, 'King Maker' adalah sosok dengan jabatan tinggi dan instruksinya dipatuhi Pinangki.

Pengadilan belum bisa mengungkap siapa sutradara atau 'King Maker' di balik kasus Joko Tjandra. Namun, pengadilan meyakini ada aktor lain yang disebut sebagai ‘King Maker'.

Pengadilan juga meyakini bahwa jaksa Pinangki sudah terbiasa mengurus perkara. Bahkan, nama Pinangki disebut-sebut ikut terlibat di balik pemberian grasi terpidana korupsi Annas Maamun.

Penggunaan bahasa sandi dalam kasus korupsi adalah lazim. Itu biasa digunakan, itu adalah bagian pemufakatan untuk menutupi kejahatan.

Pernah terdengar istilah apel washington, apel malang, dalam kasus korupsi. Hanya kejelian dan keseriusan yang bisa mengungkap sandi-sandi para pemain perkara.

KPK punya pengalaman untuk mengungkap sandi-sandi itu.

Lalu apakah 'King Maker' akan terungkap?

Apakah KPK berani masuk? Sejarah akan mencatatnya... 

Penulis : Aryo bimo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:44
PRESIDEN AS JOE BIDEN AKAN HUKUM PIHAK YANG DIDUGA MELANGGAR HAM TERKAIT KASUS PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI TEGASKAN PIHAKNYA BEKERJA SESUAI PROSEDUR HUKUM YANG BERLAKU DALAM OTT 6 ORANG DI SULSEL   WAKIL KETUA MPR SYARIEF HASAN MINTA PEMERINTAH TINJAU ULANG SOAL IZIN INVESTASI MIRAS    BKPM BERENCANA MENGAJAK MUI UNTUK BERKOORDINASI TERKAIT PENERBITAN IZIN INVESTASI MIRAS DI DAERAH    POLISI TANGKAP 12 TERDUGA TERORIS DI SEJUMLAH WILAYAH DI JAWA TIMUR TERKAIT JARINGAN JAMAAH ISLAMIYAH   KETUM PBNU SAID AQIL SIROJ MINTA PEMERINTAH INSTRUKSIKAN KEPADA PNS HINGGA PEGAWAI BUMN MEMBAYAR ZAKAT 2,5%    PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA JAJARAN NU BANTU PEMERINTAH DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MENGHADIRI HARLAH NAHDLATUL ULAMA (NU) KE-98 SECARA VIRTUAL   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT PROGRAM PETANI MILENIAL DIMULAI PERTENGAHAN MARET 2021   GUNUNG MERAPI ERUPSI KEMBALI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1 KM PADA SABTU MALAM    POLDA METRO KLAIM KAMPUNG TANGGUH DI PASEBAN, SENEN, JAKPUS, MAMPU TEKAN PENYEBARAN COVID-19    KEMENKES: VAKSINASI GOTONG ROYONG HANYA DILAKUKAN OLEH PERUSAHAAN ATAU BADAN USAHA KEPADA KARYAWAN   JUBIR VAKSINASI COVID-19 TEGASKAN TAK ADA MEKANISME VAKSINASI MANDIRI BAGI INDIVIDU ATAU BELI SECARA PERORANGAN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN TARGETKAN 38 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSIN COVID-19 PADA AKHIR JUNI 2021