Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Amerika Serikat Kecam China yang Larang Siaran Berita BBC Mengudara dan Ditonton di China

Kompas.tv - 12 Februari 2021, 08:26 WIB
pemerintah-amerika-serikat-kecam-china-yang-larang-siaran-berita-bbc-mengudara-dan-ditonton-di-china
Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Ned Price. Amerika Serikat segera mengecam keputusan China yang melarang siaran berita BBC untuk tayang dan ditonton di seluruh China. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Amerika Serikat segera mengecam keputusan China yang melarang siaran berita BBC untuk tayang dan ditonton di seluruh China. Juru bicara kementerian luar negeri Amerika Serikat Ned Price hari Kamis, (11/02/2021) mengatakan, "kami mengecam keputusan China yang melarang penyiaran BBC World News. China tetap menjadi ruang  pertukaran informasi yang paling opresif, dikendalikan, dan tidak bebas di dunia,"

Amerika Serikat memandang hal tersebut meresahkan, karena China membatasi berbagai platform termasuk BBC World News untuk beroperasi secara bebas di China, sementara China menggunakan lingkungan media yang bebas dan terbuka di luar negeri untuk memberi informasi yang salah. 

Ned Price lebih jauh menyerukan 'kepada China dan negara-negara lain untuk memberi izin akses penuh atas internet dan media' seraya menegaskan,"kebebasan media adalah hak yang penting dan kunci agar warga negara bisa mendapat informasi, dan dapat berbagi ide secara bebas diantara mereka sendiri dan dengan pemimpin mereka,"

Baca Juga: BBC Tunjuk Hakim Senior Pimpin Penyelidikan Wawancara Kontroversial Putri Diana

Sebelumnya, China melarang siaran berita BBC World News untuk melakukan siaran dan dapat ditonton di China, satu minggu setelah mengancam akan melakukan tindakan balasan pencabutan izin penyiaran Inggris untuk CGTN milik negara China baru-baru ini.

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan tengah malam hari Jumat, bahwa liputan BBC World News tentang China telah melanggar persyaratan bahwa pelaporan berita harus benar dan tidak memihak serta merusak kepentingan nasional dan solidaritas etnis China.

BBC umumnya sudah tidak dapat ditonton di Cina di luar beberapa hotel, bisnis, dan kompleks perumahan bagi orang asing. Belum jelas apakah larangan tersebut akan mempengaruhi penerimaan di fasilitas tersebut.

Baca Juga: 71 tahun BBC Siaran Indonesia Ditandai dengan Peluncuran Buku

"Saluran tersebut gagal memenuhi persyaratan untuk disiarkan di China sebagai saluran luar negeri," kata Administrasi Radio dan Televisi. Lembaga pemerintah China itu juga menyatakan mereka tidak akan menerima aplikasi siaran BBC tahun depan.

Pemerintah China mengkritik laporan BBC baru-baru ini tentang pandemi COVID-19 di China dan atas tuduhan kerja paksa dan pelecehan seksual di wilayah Xinjiang, rumah bagi orang Uighur dan kelompok etnis mayoritas Muslim lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x