Kompas TV internasional kompas dunia

Tim Investigasi WHO: Kemungkinan Virus Covid-19 Sudah Menyebar Lebih Dulu Sebelum di Wuhan

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 19:40 WIB
tim-investigasi-who-kemungkinan-virus-covid-19-sudah-menyebar-lebih-dulu-sebelum-di-wuhan
Peter Ben Embarek, pakar penyakit menular yang memimpin tim peneliti WHO saat konferensi pers di Wuhan, Selasa (9/2/2021). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ahmad Zuhad

WUHAN, KOMPAS.TV - Tim WHO telah menyelesaikan masa kunjungan di Wuhan untuk menginvestigasi asal muasal virus Covid-19. Peneliti WHO menemukan, Covid-19 kemungkinan telah menyebar di wilayah lain China sebelum teridentifikasi di Wuhan.

Tim peneliti WHO telah melakukan investigasi di Wuhan sejak Kamis (28/1/2021). Pakar keamanan makanan dan penyakit menular Peter Ben Embarek memimpin tim investigasi itu.

Tim itu telah mengunjungi Institut Virologi Wuhan (WIV), pasar makanan laut Huanan, Museum anti-covid 19.

Baca Juga: Pemerintah China Tangkap Tersangka Pembuat Vaksin Covid-19 Palsu

Investigasi itu diharapkan dapat “mengidentifikasi langkah selanjutnya untuk mengisi kekosongan pengetahuan”, menurut salah satu anggota tim peneliti dan pakar zoologi Peter Daszak.

Embarek menyanggah kecurigaan soal Covid-19 berasal dari laboratorium Institut Virologi Wuhan. Dalam konferensi pers di Wuhan, Selasa (9/2/2021) sore waktu setempat, Embarek juga menyatakan dugaan kebocoran lab sangat tidak mungkin.

Embarek menjamin, WIV berada dalam kondisi yang baik sehingga “sangat tidak mungkin ada yang bisa lepas dari tempat seperti itu.”

Embarek juga mengonfirmasi kecurigaan virus Covid-19 mewabah di pasar Huanan sepanjang Desember 2019.

“Ada penyebaran (Covid-19) di antara orang-orang di pasar Huanan pada bulan Desember. Tetapi itu bukan akhir cerita. Kami menemukan ada pula penyebaran kasus antar individu yang tak terkait dengan pasar ini,” kata Embarek.

Baca Juga: Indonesia Disebut Bebas Covid-19 10 Tahun Lagi, Moeldoko: Suruh Belajar Sini Dululah Bloomberg Itu

Meski belum menemukan kepastian, Embarek menyebut, nampaknya tak mungkin Covid-19 berasal dari Wuhan.

Sementara, anggota tim peneliti WHO dan pakar virus Marion Koopmans mengatakan, hasil tes pada hewan di Pasar Huanan tak menemukan hewan penular Covid-19.

Tim peneliti WHO baru menemukan bahwa kelinci rentan terjangkit Covid-19. Sementara, ada pula dugaan kelelawar rentan terjangkit Covid-19.

Ketua Panel Pakar Covid-19 di Komisi Kesehatan Nasional China Liang Wannian juga ikut hadir dalam konferensi pers situ. Pihaknya memiliki dugaan bahwa Covid-19 sudah menyebar di daerah lain China sebelum menular dengan cepat di Wuhan.

Baca Juga: Beberapa Penelitian Menunjukkan Orang Dapat Terjangkit Covid-19 Lagi Setelah Sembuh

Liang juga mengaku peneliti China telah memeriksa setidaknya 101,8 ribu sampel hewan dari 31 provinsi China. Pengetesan sampel hewan itu melibatkan lebih dari 300 spesies hewan di China, seperti babi, sapi, kambing, ayam, domba, dan angsa.

Namun, peneliti China tak menemukan Covid-19 di tubuh hewan-hewan itu.

Embarek mengatakan, investigasi sementara belum dapat memastikan asal muasal pasti Covid-19. Namun, tim WHO masih akan terus melanjutkan investigasi ke tahap berikutnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x