Kompas TV nasional hukum

Kapolri Listyo dan Ketua KPK Firli Sepakat Kerja Sama dalam Investigasi Kasus Korupsi

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 18:28 WIB
kapolri-listyo-dan-ketua-kpk-firli-sepakat-kerja-sama-dalam-investigasi-kasus-korupsi
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) memberikan salam komando kepada para wartawan usai melakukan pertemuan, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/2/2021). Kedatangan Kapolri yang disambut Ketua KPK Firli Bahuri, untuk silaturahmi dan membahas sinergi Polri dan KPK (Sumber: ANTARA FOTO/RENO ESNIR via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kapolri Jenderal pol. Listyo Sigit Prabowo menemui Ketua KPK Firli Bahuri.

Jenderal Listyo menjelaskan dalam pertemuan tersebut koordinasi dan supervisi KPK dan Polri dapat diperkuat lagi, baik dalam bidang pencegahan dan penindakan, serta pertukaran informasi yang berkenaan dengan proses penyidikan.

Menurut Listyo, Ketua KPK sepakat melakukan investigasi bersama atau "join investigasi" kasus-kasus korupsi.

Baca Juga: Kapolri dan Menpora Sepakat Cari Jalan Keluar Terbaik Terkait Kepemudaan-Olahraga

"Kami sepakat melakukan sinergi dalam bentuk join investigasi," ujar Jenderal Listyo saat berkunjung ke Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai sinergi penindakan di lapangan agar tidak terjadi benturan antar penegak hukum.

Dengan adanya sinergitas ini, Kapolri Listyo yakin dengan sinergitas yang semakin baik, tindak pidana dapat dicegah sedini mungkin.

"Tentunya di supervisi ini ke depan KPK kejaksaan maupun kepolisian betul-betul bisa bersinergi sehingga tidak ada celah," ujarnya.

Baca Juga: ICW Desak KPK Ambilalih Kasus Djoko Tjandra dan Temukan “King Maker” Sebenarnya

Lebih lanjut penguatan di bidang pencegahan dan penindakan ini salah satunya bertalian dengan kebijakan pemerintah yang melakukan penyesuaian (refocusing) APBN untuk penanganan pandemi Covid-19.

Kapolri berharap risiko kebocoran anggaran dapat diminimalisasi.

"Tentunya ini harus kita jaga agar bisa berjalan dengan baik dan kemudian program tersebut bisa tepat waktu, tepat sasaran, dan tentu kita kurangi risiko-risiko kebocoran yang ada," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPK Firli Bahuri mengamini rencana KPK dan Polri memperkuat kerja sama dalam pemberantasan korupsi.

Baca Juga: Momen Kapolri Listyo Sigit Temui KSAD Andika Perkasa

Ia mengatakan, kedatangan Kapolri  sebagai Kapolri memang sudah lama ditunggu-tunggu.

"Tidak ada kata lain kecuali KPK dan Polri bekerjasama saling memperkuat pemberantasan korupsi," ujar Firli.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x