Kompas TV tekno gadget

3 Strategi Realme Rebut Pangsa Pasar AIoT 2021 di Indonesia

Kompas.tv - 6 Februari 2021, 15:00 WIB
3-strategi-realme-rebut-pangsa-pasar-aiot-2021-di-indonesia
Realme Exclusive Store di Cibinong City Mall. (Sumber: Dok. Realme Indonesia/Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencapaian Realme selama 2020 terbilang cemerlang terutama untuk ekosistem AIoT miliknya. Sejumlah perangkat Realme AIoT berupa smart audio, smart wearable, hingga smart TV dengan tetap mengusung trendsetting technology dan trendsetting design.

Marketing Director realme Indonesia Palson Yi menyebut bahwa pada 2020, Realme berhasil membangun fundamental ekosistem AIoT dan mendapat banyak pengakuan dari lembaga penelitian serta realme fans.

"Berdasarkan hal tersebut, kami merumuskan strategi baru yang terbagi dalam tiga pilar, yaitu brand, product, dan channel untuk mencapai tujuan kami menjadi No. 1 AIoT Choice di tahun 2021 Beli AIoT, Pilih realme,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (6/2/2021).

Realme juga baru saja menggelar AIoT Open Day. Acara tersebut dibuat khusus oleh Realme untuk membahas ekosistem AIoT miliknya. Termasuk tren dan strategi di tahun 2021 dengan para pemimpin industri, pengguna, dan realme fans. 

Sementara pada 2021 ini, strategi AIoT realme dikatakan akan fokus pada Brand, Product, dan Channel.

"Counterpoint juga memberikan julukan baru untuk realme sebagai 'kuda hitam tahun 2021 untuk kategori perangkat wearable' dengan masuk ke dalam top 10 TWS brands pada laporan pengiriman untuk Q3 2020," kata Palson Yi.

Baca Juga: Realme C15 Siap Diluncurkan di Indonesia, Baterai 6.000 mAh Jadi Andalan!

Untuk strategi Brand, branding Realme AIoT bertujuan untuk memperkenalkan trendsetting AIoT Tech Lifestyle kepada para penggemarnya, memberikan kesempatan untuk mereka menggunakan produk AIoT, dan merasakan gaya hidup teknologi trendi yang terkoneksi dengan produk AIoT mereka sendiri.

Lebih jauh, realme akan menerapkan trendsetting marketing strategy yang lebih dekat dengan anak muda. Di tahun 2021, realme akan menyuarakan trendsetting tech lifestyle, bekerja sama dengan Global Brand Ambassador dan lebih banyak aktivitas experience lainya dalam bentuk beberapa program skenario pengguna yang dijalankan realme di media sosial.

Kemudian berbicara tentang strategi Product, realme akan menghadirkan produk AIoT dan membuat perangkat tersebut dapat memberikan solusi yang berguna untuk multi-skenario.

Realme juga membagikan Smart Connectivity dan Smart Price dari strategi produk AIoT miliknya, di mana Smart Scenarios sendiri akan menghadirkan Smart Health untuk perangkat wearable, serta Smart Entertainment untuk smart audio dan smart TV.

Untuk Smart Connectivity, realme akan tetap berpegang pada strategi 1+4+N. Dalam arti kata lain, smartphone realme akan tetap menjadi hub untuk 4 kategori perangkat pintar, sedangkan 'N' di sini mewakili komitmen realme untuk menghadirkan beragam aksesoris lainnya. Untuk Smart Price, realme akan menghadirkan lebih banyak segmen harga di setiap produk utama AIoT sehingga anak muda dapat memiliki lebih banyak pilihan produk di kelas entry-level, mid-range, dan high-end.

Terakhir namun tak kalah pentingnya, realme akan memperkuat strategi Channel mereka sebagai strategi paling utama pada tahun ini. Agar perangkat realme AIoT dapat diakses oleh anak muda di Indonesia, realme memperkuat kehadirannya di berbagai channel e-commerce ternama di Indonesia.

Baca Juga: Smartphone Murah Realme C3 Dibanderol Sejutaan, Spesifikasinya Lumayan juga

Untuk channel offline, realme Official Store di Indonesia dikatakan akan memberikan pengalaman hands-on yang langsung dan nyata bagi masyarakat Indonesia.

Realme berencana untuk membuka lebih dari 100 realme Official Store pada tahun 2021 agar masyarakat dapat merasakan dan menggunakan produk realme, memastikan bahwa produk tersebut sempurna dan sesuai untuk mereka.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x