Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Bahas Revisi UU Pemilu, Koalisi di DPR Terbelah - Opini Budiman

Sabtu, 6 Februari 2021 | 09:03 WIB

Tawar menawar politik sedang terjadi di Senayan, dalam pembahasan revisi UU No.10 Tahun 2016 tentang pemilu.

Niat merevisi UU Pemilu datang dari DPR dan sudah masuk dalam program legislasi nasional 2021.

Salah satu butir tarik-menarik politik, atau tawar menawar politik adalah, apakah Pilkada akan tetap digelar tahun 2024, atau dinormalkan menjadi tahun 2022 dan 2023.

Dalam UU Pemilu, Pilkada serentak sudah ditetapkan pada tahun 2024, berbarengan  dengan pemilu Presiden dan pemilu DPR. 

Artinya, dalam pemilu Presiden dan pemilu legislatif 2024 juga akan dilangsungkan Pilkada di 271 wilayah.

Istana dikabarkan menolak revisi UU Pemilu. Sejumlah alasan disampaikan, antara lain UU Pemilu tahun 2016 belum pernah dipraktikkan.

Masa pandemi dan pemulihan ekonomi dijadikan alasan untuk menyatakan menggelar pilkada 2022 tidak tepat.

Argumentasi ini sebenarnya lemah dari sudut konsistensi, karena Pilkada Desember 2020 dilaksanakan di tengah pandemi, meskipun masyarakat sipil menolak.

Isyarat istana menolak revisi membuat peta politik di parlemen, berubah.

Bahkan, koalisi parpol pendukung pemerintah pun bergeser. Ada partai politik yang mendukung revisi, ada yang menolak revisi.

 

 

 

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:26
PERDANA MENTERI BENJAMIN NETANYAHU MENYATAKAN ISRAEL AKAN TINGKATKAN SERANGAN KE JALUR GAZA, HAMAS   MUI MEMPERSILAKAN WILAYAH ZONA HIJAU COVID-19 MELAKSANAKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID ATAU MUSHALA   JELANG LEBARAN, PERTAMINA TAMBAH 3 JUTA TABUNG ELPIJI 3 KG DI SULAWESI   PT ANGKASA PURA: LARANGAN MUDIK MENYEBABKAN JUMLAH PENUMPANG BANDARA DJUANDA TURUN DRASTIS DUA HARI JELANG LEBARAN   JUMLAH MAHASISWA MMTC YOGYAKARTA YANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19 BERTAMBAH MENJADI 18 ORANG    KEMNAKER MENCATAT ADA 1.586 PENGADUAN THR SEJAK 20 APRIL HINGGA 10 MEI 2021    SATLANTAS POLRES METRO TANGERANG KOTA MENYEKAT 164 KENDARAAN PADA HARI KEENAM LARANGAN MUDIK LEBARAN    SATGAS COVID-19 INGATKAN MASYARAKAT TAK GELAR “OPEN HOUSE” ATAU HALALBIHALAL DI LINGKUNGAN KANTOR   BAZNAS KOTA TANGERANG TELAH MENERIMA ZAKAT FITRAH SEBANYAK RP 1,3 MILIAR    WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH MENYATAKAN TPU SELAPAJANG AKAN DITUTUP MULAI 12-16 MEI 2021   KEMENHUB: PEMUDIK YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR PALING BANYAK KELUAR DARI TITIK PENYEKATAN    KEMENHUB: JELANG IDUL FITRI, LEBIH DARI 138.000 MOBIL DAN MOTOR TINGGALKAN JAKARTA    GUBERNUR DKI SEBUT KEPALA DAERAH KAWASAN AGLOMERASI JABODETABEK DAN CIANJUR SEPAKAT ANJURKAN SHALAT ID DI RUMAH   MAKSIMALKAN PENJAGAAN SELAMA 24 JAM, 260 PETUGAS DISIAGAKAN DI TITIK PENYEKATAN KEDUNGWARINGIN, BEKASI