Kompas TV regional berita daerah

Cegah Kembali Terdampak Banjir, Pemkab HST Berencana Relokasi Warga di Bantaran Sungai

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 01:08 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Kerap terdampak bencana banjir,  warga Bantaran Sungai di Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah akan direlokasi.


Hingga senin (01/02/21) siang, Nampak sejumlah rumah yang bagian belakangnya hancur hingga yang rumanhnya hilang tergerus air sungai, sehingga hal ini juga seharusnya menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Sampah Akibat Banjir, Hanyut dan Menumpuk di Sungai Martapura


Camat Hantakan Kartadipura mengatakan, dari 12 Desa di Kecamatan Hantakan terdapat 8 Desa yang terdampak banjir cukup parah, sedangkan 4 Desa lainnya masih Terisolir.


”Kami berencana Desa Alat Seberang itu akan kami relokasi, karena banyak laporan dari warga bantaran sungai yang trauma apabila hujan turun,  dan dikhawatirkan banjir susulan akan kembali terjadi” pungkasnya.


Menanggapi hal ini Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah Berry Nahdian Furqan mengatakan, pihaknya juga  telah menerima laporan terkait hal ini.

sehingga kedepannya Pemkab HST akan melakukan Perencanaan Relokasi Pemukiman untuk korban terdampak banjir khususnya untuk warga bantaran sungai.


“Warga yang tinggal di Bantaran Sungai di Kecamatan Hantakan ini saya liat sebagian dari rumah mereka juga ikut tergerus sungai, sehingga secara teknis lokasi tersebut sudah tidak layak untuk dihuni lagi,” puncaknya.

Baca Juga: Rentan Alami Gangguan Psikologis, Anak-anak Penyintas Banjir Kalsel Jalani Physichological First Aid

Menurut data di kantor kecamatan hantakan pada 29 januari 2021, total sebanyak 1369 rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Hantakan, diantaranya 370 rumah rusak ringan,  259 rumah rusak berat dan 144 rumah hilang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.