Kompas TV olahraga kompas sport

Selamat Ulang Tahun, Cristiano Ronaldo!

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 00:05 WIB
selamat-ulang-tahun-cristiano-ronaldo
Bintang lapangan hijau Cristiano Ronaldo kembali ke Italia setelah terkonfirmasi positif Covid-19 di Portugal. (Sumber: AFP via Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV – Megabintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo merayakan ulang tahunnya yang ke-36 hari ini, Jum’at (5/02/2021). Meski di usia yang tidak muda lagi, Ronaldo masih bisa bersaing dan saat ini menjadi pemain kunci di Juventus.

Cristiano Ronaldo do Santos Aveiro merupakan pesepakbola asal Portugal yang lahir di Madeira, 5 Februari 1985.

Ia memulai karir seniornya di Sporting Lisbon. Pada tahun 2003, Manchester United merekrutnya pada usia yang sangat muda yaitu 18 tahun. Musim pertamanya di Setan Merah ia berhasil meraih gelar Piala FA.

Setelahnya, ia membantu Manchester United memenangi titel Liga Inggris berturut-turut pada musim 2007, 2008, dan 2009. Dia juga mampu menyumbangkan dua trofi bergengsi lainnya yaitu Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub di usia 23 tahun.

Pada tahun 2009, ia menjadi pemain termahal dunia setelah dibeli Real Madrid senilai 94 juta euro. Di Real Madrid, total ia berhasil 15 gelar juara yakni dua kali juara LaLiga, dua Copa del Rey dan empat gelar juara Liga Champions.

Selain menyumbang banyak trofi bagi Real Madrid, ia juga berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Real Madrid dengan torehan 450 gol.

Setelah sukses di Real Madrid, Ronaldo lalu bergabung dengan Juventus pada tahun 2018. Ronaldo menjadi pemain dengan usia di atas 30 tahun yang mempunyai gaji termahal yang pernah diberikan oleh tim Italia. Di Juventus, ia berhasil memenangkan dua trofi Serie A di dua musim pertamanya.

Dia juga menjadi pemain sepakbola professional yang mampu mencetak gol terbanyak dengan total 760 gol melewati rekor yang dipegang legenda Republik Ceko, Josef Bican.

Baca Juga: Hasil Inter Milan vs Juventus di Coppa Italia: Ronaldo Kembali Jadi Penentu dan Cetak Rekor Baru

Sukses di klub, Ronaldo juga sukses saat membela timnas Portugal. Dia sudah membawa Portugal memenangi Piala Eropa pada tahun 2016. Ronaldo yang melakoni debut untuk Portugal pada tahun 2003, hingga kini telah mempunyai 170 cap dan mencetak 102 gol untuk negaranya tersebut.

Ronaldo juga menyabet banyak gelar individu berkat prestasinya di klub maupun di timnas Portugal. Total Ronaldo telah memenangi lima Ballon d’Or, tiga pemain terbaik UEFA, Puskas Award pada tahun 2009, dan selalu masuk dalam FIFA FIFPro World11 dari tahun 2007 hingga 2020.

Menginjak usia yang ke-36 ini, belum tampak tanda-tanda Ronaldo akan gantung sepatu dalam waktu dekat. Bahkan timnya saat ini, Juventus kabarnya akan memperpanjang kontraknya satu tahun lagi. Kontrak Ronaldo sendiri saat ini baru akan habis tahun 2022.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Belum Akan Pensiun pada Usia 35 Tahun, Kenapa?

Yang jelas, tidak perlu debat, Ronaldo merupakan salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola dunia.

Feliz Aniversário Cristiano!



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.