Kompas TV nasional sapa indonesia

Bupati Terpilih Sabu Raijua Berstatus Warga Negara Amerika Serikat

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 21:32 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Status kewarganegaraan bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore, menjadi pembicaraan publik setelah diketahui dia memiliki dua kewarganegaraan, Amerika Serikat dan Indonesia.

Laporam status kewarganegaraan ganda Bupati terpilih ini membuat  kementerian dalam negeri mempertimbangkan usulan dari Badan Pengawas Pemilu, Bawaslu, untuk menunda pelantikan bupati terpilih, Orient P Riwu Kore.

Status kewarganegaraan Orient terkuak ketika Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menerima surat jawaban dari kedutaan Amerika Serikat, yang menyatakan Orient adalah warga negara Amerika Serikat.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menyebut, Orient masih tercatat sebagai warga negara Indonesia.

Namujn jika terbukti Orient adalah WNA, Zudan memastikan semua dokumen kependudukan Orient akan dibatalkan oleh dinas Dukcapil.

Sementara Ketua KPU NTT, Thomas Dohu mengaku sudah melakukan klarifikasi, dan hasilnya Orient adalah WNI. Hasil pengecekan itu sudah dituangkan dalam berkas acara klarifikasi.

Terkait status kewarganegaraan Orient, anggota Bawaslu RI, Fritz Edward mengatakan, pihaknya masih mengkaji apakah ada dugaan pelanggaran undang undang Pilkada terkait informasi palsu.  

Status kewarganegaraan Orient sebagai warga AS baru diketahui setelah Orient dan pasangannya, Thobias Uly, memenangkan Pilkada Sabu Raijua tahun 2020 lalu.

Pasangan Orient-Thobias meraih 21.359 suara,atau 48,3 persen.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.