Kompas TV nasional sapa indonesia

Yummy! Ini Dia Kue Bulan Khas Tionghoa, Kudapan Favourite Jelang Perayaan Imlek

Selasa, 9 Maret 2021 | 17:02 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Rasanya yang legit, lembut dan memiliki varian isi yang berbeda, membuat kue bulan menjadi makanan favorit jelang perayaan imlek.

Selain saat perayaan Imlek, kue bulan biasanya disajikan untuk menyambut perayaan musim gugur di negara asalnya, Tiongkok.

Jelang Imlek sudah mulai banyak yang membuat kue bulan, termasuk salah satu pembuat kudapan rumahan di Palembang, Sumatera Selatan.

Jika dilihat sekilas, kue bulan memiliki bentuk hampir mirip dengan bakpia. Namun jika dilihat lebih dekat, kue ini memiliki ciri khas tersendiri yakni pola gambar ukiran atau tulisan di bagian atasnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kue bulan ini di antaranya tepung terigu, telur, gula sirup, minyak sayur, hingga soda kue. Cara pembuatannya pun cukup sederhana.

Proses memasaknya, semua bahan tadi dicampur hingga menjadi adonan kue. Kemudian bahan adonan yang sudah siap lalu didiamkan selama 30 menit.

Setelah itu, adonan kue bulan ini dilapisi dengan bahan isian kue. Adonan kue bulan yang sudah siap, dibentuk menggunakan cetakan dan dipanggang selama 20 menit.

Setelah matang, kue bulan didinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan. 

Kue bulan memiliki berbagai varian isi yaitu kuning telur, kacang merah, kacang hijau hingga buah-buahan.

Jika ingin membeli kue bulan, penganan ini biasanya dijual seharga Rp 135.000,- untuk satu kotak, yang berisi empat buah kue bulan.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:16
KKP GANDENG KABUPATEN TAKALAR, PEMALANG, SUMBAWA, DAN ACEH TIMUR UNTUK REVITALISASI TAMBAK UDANG YANG TERBENGKALAI   PRESIDEN JOKOWI BENTUK SATGAS PENANGANAN HAK TAGIH DANA BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG PEMERINTAH DATA PELAKU UMKM YANG BANGKRUT SELAMA MASA PANDEMI   KEPALA KSP MOELDOKO INGATKAN PENTINGNYA KEBERAGAMAN DAN TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA   KEMENTERIAN KESEHATAN OPTIMALKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK WARGA LANSIA DI FASILITAS LAYANAN KESEHATAN   KHAWATIR KRISIS PANGAN, WAGUB JAWA BARAT UU RUZHANUL ULUM MINTA PETANI TIDAK ALIH FUNGSIKAN SAWAH   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT KULIAH TATAP MUKA KEMUNGKINAN DIBUKA TAHUN INI   POLISI DALAMI MOTIF KEPEMILIKAN "AIRSOFT GUN" DARI PENGEMUDI FORTUNER YANG TODONGKAN SENJATA DI DUREN SAWIT   DINAS PERHUBUNGAN DKI TEGASKAN SISTEM GANJIL-GENAP DI JAKARTA BELUM DIBERLAKUKAN LAGI   KEMATIAN WARGA LANSIA AKIBAT COVID-19 CAPAI 75 PERSEN, PEMKOT TANGERANG GENCARKAN VAKSINASI SAAT RAMADAN   KEMENTERIAN PPPA: GANGGUAN PSIKOSOSIAL TERHADAP ANAK DAN REMAJA TAK TERTANGANI KARENA BANYAK YANG TIDAK PEKA    POLRI: SEBANYAK 12 TERSANGKA TERORIS YANG DITANGKAP DI JAKARTA SATU KELOMPOK    POLRI: SEBANYAK 12 TERSANGKA TERORIS SUDAH DITANGKAP DI JAKARTA DAN SEKITARNYA    HUMAS POLRI: DPO TERORIS DI JAKARTA BERTAMBAH JADI 6 ORANG, 2 SUDAH TERTANGKAP