Kompas TV regional agama

Kelompok Kasidah Nasida Ria Ditinggal Seorang Anggotanya, Siti Romna: Mohon Doa dan Maaf

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 15:18 WIB
kelompok-kasidah-nasida-ria-ditinggal-seorang-anggotanya-siti-romna-mohon-doa-dan-maaf
(Sumber: Facebook/Nasida Ria)
Penulis : Ahmad Zuhad

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seorang anggota kelompok kasidah modern Nasida Ria bernama Siti Romna meninggal dunia pada Senin (1/2/2021) pagi. Hal itu pertama kali diumumkan melalui akun Instagram @nasidariasemarang.

“Hari ini Nasida Ria berduka karena kehilangan salah satu personel terbaik Nasida Ria generasi 3, Siti Romna,” tulis manajemen Nasida Ria.

Siti Romna meninggal pada Senin hari ini pukul 07.00 WIB.

Manajemen juga menyampaikan permohonan maaf dan doa untuk almarhumah.

“Kami mohon kepada semua fans Nasida Ria untuk mengirimkan Al-Fatihah kepada almarhumah,” tambah manajemen.

Baca Juga: Istiqlal Bangun Terowongan ke Katedral, Simbol Kerukunan Beragama

 

Assalamualaikum wr.wb Innalillahi wa innalillahi rojiun Hari ini telah berpulang personil terbaik Nasida Ria generasi...

Posted by Nasida Ria on Sunday, January 31, 2021

Nasida Ria adalah kelompok kasidah yang telah bertahan selama 45 tahun lebih. Kelompok ini berdiri berkat seorang guru Al-Qur’an dari Semarang bernama Mudrikah Zain pada 1975.

Selama puluhan tahun, Nasida Ria konsisten menelurkan 34 album lagu Islami. Penampilan mereka selalu khas dengan iringan rebana, gendang, gitar, mandolin, violin dan organ.

Selain berisi pesan ajaran Islam, lagu mereka juga menyinggung fenomena sosial dan politik yang tetap relevan. Lagu “Perdamaian” yang lekat dengan Nasida Ria berisi kritik terhadap hasrat untuk selalu berperang.

Sementara, lagu “Bom Nuklir” mengkritik penemuan ilmiah yang mestinya memberi kesejahteraan. Dan lagu “Agama Bukan Baju” seakan meramalkan fenomena menjual agama demi kekuasaan.

Meski berpenampilan tertutup, kelompok kasidah perempuan ini telah tampil di banyak tempat hingga ke luar negeri, seperti ke Eropa atau Amerika Serikat.

Baca Juga: Syarat Baru Jemaah Umrah Indonesia Berumur 18-60 Tahun

Namun, kelompok Nasida Ria mengalami kesulitan pula dalam perjalanannya. Mereka kesulitan mempopulerkan lagu baru.

Seorang personel Nasida Ria bernama Rien mengaku orang-orang lebih mengenal lagu-lagu mereka pada dekade 1990-an.

"Untuk lagu terbaru orang enggak ngerti, malah sukanya lagu-lagu lama, mungkin enak lagu-lagu lama. Mengeluarkan lagu baru sulitnya bukan main, karna orang sudah terpatri dengan lagu lama, kayak Perdamaian," ungkap Rien.

Kelompok kasidah ini sudah berkali-kali berganti anggota karena meninggal dan keluar. Saat ini anggota Nasida Ria sudah mencapai generasi keempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x