Kompas TV regional berita daerah

Warga Tangkap Ikan Langka di Purwakarta

Kompas.tv - 1 Februari 2021, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Seekor ikan balidra yang merupakan ikan langka khas danau jatiluhur tertangkap warga saat menjaring ikan. Balidra merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai atau danau. Karena populasinya yang tinggal sedikit bahkan nyaris punah ikan predator air tawar inipun tergolong hewan yang dilindungi.
 

Ikan balidra sebutan warga setempat atau ikan belida ini merupakan salah satu jenis ikan khas danau jatiluhur yang kini keberadaannya sudah langka.

Ikan ini tertangkap warga saat menjala ikan di jatiluhur, ikan balidra yang tertangkap warga ini beratnya sekitar 2 kilogram dengan panjang lebih dari 30 centimeter.

Menurut didin, warga yang menangkapnya ikan  tersangkut jaringnya saat ia menjala di danau jatiluhur. Dirinya tidak menyangka akan mendapat ikan khas danau jatiluhur  yang kini keberadaannya sudah langka, rencananya ikan balidra  akan dipeliharanya hingga besar.
 

Menurut warga sekitar ikan dari keluarga notopteridae dengan nama binomial chitala lopis ini, bisa hidup hingga belasan tahun dengan ukuran maksimal bisa mencapai lima hingga 8 meter.

Kini keberadaan ikan balidra di danau jatiluhur sudah langka bahkan nyaris punah, sehingga ikan ini tergolong ikan yang dilindungi.

Ikan balidra atau belida ini merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai atau danau yang banyak tersebar di wilayah jawa, sumatera dan Kalimantan.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x