Kompas TV klik360 cerita indonesia

Update Merapi Belasan Kali Muntahkan Awan Panas

Rabu, 27 Januari 2021 | 16:20 WIB

SLEMAN, KOMPAS.TV – Erupsi gunung merapi disertai awan panas terjadi pada Rabu (27/01/2021) pagi.

BPPTKG Yogyakarta mencatat, sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB terjadi 14 kali awan panas guguran yang mengarah ke sektor barat daya di hulu sungai Krasak dan Boyong. 

Dari pantauan BPPTKG Yogyakarta diketahui jarak luncur maksimal terjadi sejauh 1,5 kilometer, dengan kolom abu vulkanik maksimal 500 meter. 

Akibat erupsi gunung merapi, BPPTKG Yogyakarta juga melaporkan terjadi hujan abu di sektor timur, di wilayah kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Akibat awan panas ini, dilaporkan terjadi hujan abu intensitas tipis di beberapa desa di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali dan Boyolali kota. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik tersebut.”tulis BPPTKG di Twitter, Rabu (27/01/2021). 

Aktivitas warga lereng Merapi di kabupaten Sleman, Yogyakarta masih berjalan normal.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga dengan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas.
 

Penulis : Yuilyana


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:32
MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA HARAP SELURUH NEGARA ASEAN PAHAMI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK BANTU MYANMAR    DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19    WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH    PEMKOT TANGSEL TARGETKAN PENYUNTIKAN DOSIS PERTAMA PADA VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA RAMPUNG DALAM 10 HARI    PEMKOT BOGOR PUTUSKAN TIADAKAN SISTEM GANJIL-GENAP AKHIR PEKAN UNTUK KENDARAAN BERMOTOR SELAMA 2 PEKAN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: VAKSIN BUKAN SOLUSI MUTLAK UNTUK MENGAKHIRI PANDEMI, TETAP DISIPLIN PROKES    JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENINGKAT DI BULAN-BULAN LIBUR PANJANG   SATGAS SEBUT BERLIBUR SAAT PANDEMI TAK BIJAK, BERDAMPAK PADA KEMATIAN PASIEN COVID-19    PEMKOT SURAKARTA SEBUT PPKM BERDAMPAK SIGNIFIKAN PADA PENURUNAN JUMLAH KASUS COVID-19   POLDA METRO JAYA: KAMPUNG TANGGUH BINTARA, BEKASI, TEKAN KASUS COVID-19 HINGGA NOL PERSEN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DUKUNG PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS OTOMOTIF DI TANAH AIR