Kompas TV regional berita daerah

Hadapi Gempa Bumi, Sukarelawan PMI Ikuti Simulasi

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 14:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, melakukan simulasi mandiri evakuasi apabila terjadi gempa bumi kepada puluhan sukarelawan. Nantinya para sukarelawan akan mensosialisasikan materi sosialisasi evakuasi saat gempa bumi kepada masyarakat. 

Sekitar 60 orang sukarelawan di Kabupaten Pekalongan dilibatkan dalam simulasi mandiri evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi. Dalam simulasi ini melibatkan sukarelawan Korps Sukarela (KSR) dari beberapa universitas yang ada di Pekalongan.

Simulasi seolah-olah adanya gempa bumi pada gedung bertingkat ketika sedang ada acara rapat. Pelatih memberikan materi apa yang dilakukan ketika terjadi gempa bumi dengan berlindung di bawah meja maupun kursi untuk menghindari benda jatuh dari atas. Pelatih juga memberikan materi simulasi agar sukarelawan tidak panik saat terjadi gempa bumi sehingga bisa menolong orang lain.

#PMI #Simulasi #GempaBumi 

 

 

pelatih pmi kabupaten pekalongan / ponco setyo wijanarko mengatakan / simulasi digelar karena kabupaten pekalongan juga rawan bencana gempa bumi / banjir / longsor dan angin kencang // selain itu juga sebagai edukasi kepada sukarelawan mengenai gempa bumi yang terjadi tanpa memberikan tanda-tanda //

 

 

 

diharapkan dengan adanya simulasi para sukarelawan bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika ada gempa bumi // serta bisa mengedukasi ke masyarakat dengan melakukan sosialisasi tentang penyelamatan mandiri saat terjadi gempa bumi //

 

 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.