Kompas TV regional berita daerah

Banjir Lahar Dingin Dari Puncak Merapi

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 14:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Dipicu hujan deras di puncak Gunung Merapi, banjir lahar dingin atau lahar hujan melanda aliran Kali Woro, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Menurut keterangan sukarelawan lereng merapi, banjir lahar dingin di alur Kali Woro mulai mengalir pada Senin petang (25/01/2021) sekitar pukul 16.30 WIB.

Lahar dingin mengalir ke Dam 1 Karambutan hingga Dam 2 di Desa Karangtalun. Aliran lahar dingin di Kali Woro pada kali ini cukup deras karena mengalir hingga ke perbatasan Desa Sidorejo dan Desa Balerante. Namun lahar dingin tidak sampai mengalir ke Manisrenggo. 

Dari keterangan perangkat Desa Balerante, Jainu di puncak Gunung Merapi terjadi hujan deras, sementara di wilayah bawah Gunung Merapi terjadi hujan gerimis. Dan dari keterangan BPBD Kabupaten Klaten, tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir lahar dingin karena alur Kali Woro sudah sepi. Warga setempat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu terakhir.

 

#GunungMerapi #KaliWoro #LaharDingin


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x