Kompas TV video cerita indonesia

Mengenal Genose, Alat Pendeteksi Covid-19 Buatan UGM

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 18:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menggunakan alat deteksi Covid-19 melalui embusan napas mulai 5 Februari 2021. Alat itu bernama Genose.

Genose akan digunakan di layanan transportasi publik, terutama di stasiun kereta.

"Kami rencanakan penggunaannya sudah dimulai pada 5 Februari 2021 pada stasiun kereta api terlebih dahulu, baru kemudian bertahap selanjutnya di bandara," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (23/1/2021).

Inovasi Genose ini dikembangkan oleh Tim Peneliti Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Genose C-19 ini dibanderol seharga Rp 62 juta per unit. Alat ini sudah dapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada 24 Desember 2020 lalu.

Genose dapat digunakan untuk 100 ribu kali tes Covid-19. Harga tes Covid-19 dengan menggunakan Genose sebesar Rp 20.000 per sekali tes. Sehingga tes ini menjadi tes yang paling murah dibandingkan dengan tes Covid-19 lainnya.

Sementara itu berdasarkan dalam uji validasi Tim peneliti UGM, tingkat akurasi tes Covid-19 dengan Genose lewat hembusan napas memiliki akurasi hingga 97%.

Video Grafis: Agus Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.