Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut: Indonesia Bisa Jadi Produsen Baterai Lithium Terbesar Setelah China

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:34 WIB
luhut-indonesia-bisa-jadi-produsen-baterai-lithium-terbesar-setelah-china
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.COM)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis, Indonesia mampu menjadi produsen baterai lithium yang bisa bersaing di pasar internasional. Pasalnya, Indonesia sudah punya modal cadangan nikel yang besar.

"Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen (baterai) lithium terbesar kedua di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini," kata Luhut melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Bulan Depan Erick Thohir Kunjungi Tesla Buat Dukung Kerja Sama Industri Mobil Listrik Tanah Air

Hal tersebut ia sampaikan ketika memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak-Bakauheni-Tol Lampung, Selasa (26/1/2021). Dalam kesempatan itu, Luhut juga meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di kilometer (Km) 20B ruas Jalan Tol Trans Sumatera, secara virtual.

Baca Juga: Gubernur dan Wagub Jabar Beralih ke Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

"Saya juga mengapresiasi PLN yang  membangun SPKLU di Indonesia. SPKLU di kilometer 20B ini menjadi SPKLU pertama di Jalan Tol Trans Sumatera dan SPKLU ke-30 di Indonesia, " ujar Luhut.

Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) ini berharap, kendaraan listrik dapat semakin marak digunakan di Indonesia.

Penulis : Dina Karina




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:15
WAKIL BUPATI OGAN KOMERING ULU DITAHAN KPK KARENA MENJADI TERDAKWA KORUPSI LAHAN KUBURAN   KURSI KEPEMIMPINAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU KOSONG SETELAH BUPATI MENINGGAL DAN WAKIL BUPATI DITAHAN KPK   BUPATI OGAN KOMERING ULU KURYANA AZIS MENINGGAL DUNIA SETELAH 11 HARI JALANI PERAWATAN COVID-19   DPR AKAN AWASI ISU YANG RAMAI DI MASYARAKAT YAKNI PELAKSANAAN VAKSIN COVID-19, UU ITE, HINGGA JIWASRAYA   AHY SERAHKAN 2 BOKS BUKTI PELAKSANAAN KLB ILEGAL KE KPU   SATPOL PP TERTIBKAN 30 PKL YANG JUALAN DI TROTOAR TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT   DPR SEGERA MENETAPKAN PROLEGNAS PRIORITAS 2021 PADA MASA PERSIDANGAN IV TAHUN 2020-2021   BATAS AKHIR PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN PADA RABU, 31 MARET 2021   MENKEU: PELAPORAN SPT TAHUNAN DI HARI-HARI TERAKHIR BATAS WAKTU PELAPORAN HARUS DIHINDARI   MENKEU SRI MULYANI SARANKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SEGERA LAPOR SPT TAHUNAN PEKAN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.732 ORANG: 2.869 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 691 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 8 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.198.738 SPESIMEN   HINGGA 8 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 64.914 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 8.725 ORANG, TOTAL 1.203.381 ORANG