Kompas TV bbc bbc indonesia

Virus Nipah: Bagaimana Manusia Bisa Terjangkit?

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:24 WIB
virus-nipah-bagaimana-manusia-bisa-terjangkit
Ilustrasi kawanan kelelawar. (Sumber: KOMPAS.COM/SHUTTERSTOCK)

JAKARTA, KOMPAS.TV – BBC melaporkan adanya kemungkinan pandemi baru yang disebabkan oleh virus Nipah. Virus ini dibawa oleh kelelawar buah, yang merupakan inang alaminya.

"Ini sangat mengkhawatirkan karena belum ada obatnya... dan tingkat kematian yang disebabkan virus ini tinggi," kata Wacharapluesadee. Tingkat kematian virus Nipah berkisar antara 40 hingga 75 persen, tergantung lokasi terjadinya wabah.

Baca Juga: Virus Nipah: Apakah Bakal jadi Pandemi Selanjutnya?

Lalu bagaimana virus Nipah tersebut bisa menjangkiti manusia?

Manusia bisa terpapar virus Nipah melalui kontak dengan kelelawar yang setiap interaksinya dapat dianggap sebagai “interaksi berisiko tinggi”.

Menurut Veasna Duong, kepala unit virologi di laboratorium penelitian Institut Pasteur di Phnom Penh dan kolega Wacharapluesadee. Itu berarti, lompatan penyakit ke manusia sangatlah mungkin.

"Paparan seperti ini dapat menyebabkan virus bermutasi, yang dapat menyebabkan pandemi," kata Duong.

Penulis : Rizky L Pratama





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:15
MULAI BESOK, SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" HINGGA 13 JUNI 2021    LEBIH DARI 350.000 ORANG DI JEPANG MENANDATANGANI PETISI YANG MEMINTA OLIMPIADE TOKYO DIBATALKAN    WHO PERINGATKAN PANDEMI COVID-19 TAHUN INI BISA LEBIH PARAH DARIPADA SEBELUMNYA    MUSEUM MADAME TUSSAUDS PINDAHKAN PATUNG LILIN HARRY-MEGHAN DARI ANGGOTA KELUARGA KERAJAAN INGGRIS   PEMERINTAH: 15 MEI 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 15.469.561 SPESIMEN    HINGGA 15 MEI 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 84.063 ORANG    SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 144 KASUS, TOTAL 47.967 KASUS    SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 4.181 ORANG, TOTAL 1.597.067 ORANG    SATGAS COVID-19: HARI INI DI INDONESIA ADA PENAMBAHAN 2.385 KASUS POSITIF KORONA, TOTAL 1.736.670 KASUS    POLDA JATIM GELAR PENYEKATAN SERENTAK DAN TES CEPAT COVID-19 SECARA ACAK DI 29 TITIK POS PENYEKATAN    SEBUAH PERAHU YANG BAWA 20 PENUMPANG DI WADUK KEDUNGOMBO, BOYOLALI, TERBALIK, 9 ORANG MASIH DALAM PENCARIAN    TNI AL SELAMATKAN 27 ABK KAPAL SINAR MAS YANG TERBAKAR DI LAUT NATUNA UTARA    PT KCI: TES CEPAT ANTIGEN SECARA ACAK DI STASIUN MANGGARAI, BOGOR, BEKASI, & TANGERANG DILAKUKAN HINGGA BESOK    PT KCI LAKUKAN TES CEPAT ANTIGEN SECARA ACAK KE PENUMPANG KRL DI STASIUN MANGGARAI, BOGOR, BEKASI, & TANGERANG