Kompas TV internasional kompas dunia

Ledakan di Ibukota Arab Saudi, Pemberontak Houthi Sangkal Tuduhan pada Mereka

Rabu, 27 Januari 2021 | 13:03 WIB
ledakan-di-ibukota-arab-saudi-pemberontak-houthi-sangkal-tuduhan-pada-mereka
Pemandangan Kota Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi. Rudal milik milisi Houthi menyasar kota ini pada Selasa (26/1/2021) siang waktu setempat. (Sumber: AFP via Kompas.com/ Franck Fife)

RIYADH, KOMPAS.TV - Penduduk Kota Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi geger karena mendengar bunyi ledakan pada Selasa (26/1/2021) siang waktu setempat. Ledakan itu diduga disebabkan rudal milik Houthi, milisi pemberontak di Yaman.

“Aku mendengar suara sangat keras dan berpikir itu benda yang jatuh dari langit. Seluruh rumahku bergetar,” kata seorang penduduk Riyadh, dikutip dari arabnews.com.

Koalisi negara-negara Timur Tengah pimpinan Arab Saudi di Yaman mengklaim mereka telah menggagalkan serangan udara itu.

Houthi menyangkal meluncurkan rudal yang menyasar Riyadh itu. Namun, milisi ini telah berkali-kali menargetkan Arab Saudi dengan drone dan rudal sejak Arab mengintervensi dan mendukung pemerintahan Yaman yang diakui internasional pada 2015.

Sebelumnya, drone atau rudal Houthi jarang mencapai ibu kota kerajaan yang berjarak sekitar 700 km (435 mil) dari perbatasan.

Mengutip arabnews.com, analis yakin serangan terakhir itu adalah tindakan Houthi.

Serangan ini terjadi di tengah wacana yang beredar soal pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mencabut penyebutan Houthi sebagai organisasi teroris.

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:06
MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA HARAP SELURUH NEGARA ASEAN PAHAMI HAK DAN KEWAJIBAN UNTUK BANTU MYANMAR    DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19    WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH    PEMKOT TANGSEL TARGETKAN PENYUNTIKAN DOSIS PERTAMA PADA VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA RAMPUNG DALAM 10 HARI    PEMKOT BOGOR PUTUSKAN TIADAKAN SISTEM GANJIL-GENAP AKHIR PEKAN UNTUK KENDARAAN BERMOTOR SELAMA 2 PEKAN   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: VAKSIN BUKAN SOLUSI MUTLAK UNTUK MENGAKHIRI PANDEMI, TETAP DISIPLIN PROKES    JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENINGKAT DI BULAN-BULAN LIBUR PANJANG   SATGAS SEBUT BERLIBUR SAAT PANDEMI TAK BIJAK, BERDAMPAK PADA KEMATIAN PASIEN COVID-19    PEMKOT SURAKARTA SEBUT PPKM BERDAMPAK SIGNIFIKAN PADA PENURUNAN JUMLAH KASUS COVID-19   POLDA METRO JAYA: KAMPUNG TANGGUH BINTARA, BEKASI, TEKAN KASUS COVID-19 HINGGA NOL PERSEN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DUKUNG PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS OTOMOTIF DI TANAH AIR