Kompas TV bbc bbc indonesia

Virus Nipah: Apakah Bakal Jadi Pandemi Selanjutnya?

Rabu, 27 Januari 2021 | 12:27 WIB
virus-nipah-apakah-bakal-jadi-pandemi-selanjutnya
Ilustrasi Kelelawar Buah (Sumber: shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Saat ini dunia sedang berfokus dengan pandemi Covid-19. Kini muncul sebuah virus baru bernama virus Nipah. Para ilmuwan kini sedang berkerja keras untuk memastikan virus Nipah ini tidak jadi pandemi berikutnya.

Dilansir dari BBC, tingkat kematian untuk virus Nipah bisa dibilang cukup tinggi mencapai 75 persen dan belum ada vaksin yang dikembangkan.

Pada Januari 2020 lalu, Supaporn Wacharapluesadee ditunjuk pemerintah Thailand menjadi salah satu peneliti untuk menganalisis sampel dari penumpang pesawat yang baru tiba dari Wuhan.

Ia dan timnya kemudian berhasil mendeteksi kasus pertama Covid-19 di luar China. Sekarang, Wacharapluesadee memantau ancaman yang berpotensi menjadi pandemi berikutnya.

Baca Juga: Bagaimana Corona Mengubah Dunia, Dimulai dari Cara Hidup Kita Semua

Wacharapluesadee adalah seorang pemburu virus kelas wahid.

Ia juga memimpin Thai Red Cross Emerging Infectious Disease-Health Science Centre, lembaga penelitian yang meneliti penyakit-penyakit infeksi baru (emerging), di Bangkok, Thailand.

Penulis : Rizky L Pratama





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:16
PETENIS SWISS ROGER FEDERER PASTIKAN BERMAIN DI TURNAMEN FRENCH OPEN DI ROLAND GARROS   WAKIL KOMANDAN PASUKAN QUDS IRAN, BRIGJEN MOHAMMAD HEJAZI, MENINGGAL DUNIA   MULAI 29 APRIL 2021, LAYANAN TES GENOSE TERSEDIA DI BANDARA ADI SOEMARMO BOYOLALI, TARIF RP 40.000 PER ORANG   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 141.405.080 POSITIF, 80.775.272 SEMBUH, 3.019.336 MENINGGAL DUNIA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.269 ORANG: 3.357 SEMBUH, 182 MENINGGAL DUNIA, 730 DALAM PERAWATAN   MENKEU SRI MULYANI: PEMERINTAH ALOKASIKAN ANGGARAN COVID-19 MENCAPAI 130 T, SETARA BANGUN 9.352 KM JALAN   SURVEI LITBANG KOMPAS: 60,6% RESPONDEN MENGANGGAP PROGRAM REINTEGRASI NAPI TERORISME KE MASYARAKAT BELUM BERHASIL   KAPUSPEN TNI MAYJEN ACHMAD RIAD: VAKSIN NUSANTARA BUKAN PROGRAM DARI TNI   SEBANYAK 9 SMA/SMK DI DIY GELAR UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA HARI INI   PEMKAB CIAMIS, JABAR, MULAI UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS   BPOM SEBUT UJI KLINIK FASE III VAKSIN COVID-19 ASAL TIONGKOK, ANHUI, RAMPUNG AGUSTUS TAHUN INI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN TEGASKAN VAKSINASI COVID-19 AMAN DILAKUKAN BAGI LANSIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: KASUS COVID-19 KITA SUDAH TURUN, JANGAN SAMPAI ADA LONJAKAN   WAPRES MA'RUF AMIN INGATKAN MASYARAKAT UNTUK TETAP BERSEMANGAT JALANI PUASA DI TENGAH PANDEMI