Kompas TV nasional sapa indonesia

Tahap Kedua Vaksinasi, Ketua Satgas Covid-19 IDI Jelaskan Alasan Pemberian Vaksin Lebih dari 1 Dosis

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 11:30 WIB

KOMPAS.TV -  Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan usai menerima vaksin Covid-19 dosis kedua pada Rabu (27/01/2021) di Kompleks Istana Kepresidenan.

Lantas, mengapa vaksin covid-19 harus diberikan sebanyak 2 kali dosis? Ketua Satgas COVID-19 dari Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban menyebutkan jika pemberian vaksin lebih dari satu dosis berarti juga akan memperbesar kemungkinan sistem antibodi (imun tubuh) untuk mempelajari virus dan mencari cara menangkal infeksi berikutnya.

Sebab, sistem imun perlu waktu lewat paparan yang lebih lama untuk mengetahui bagaimana cara efektif melawan virus. Vaksin membantu sistem imun lebih dulu memicu produksi antibodi spesifik, agar lebih siap ketika virus asli masuk.

Pemberian vaksin dua kali memberi kesempatan sistem imun tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi. Mereka juga memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadal suatu virus.

Agar tubuh memiliki ingatan yang cukup kuat dan lama terhadap virus tertentu setelah terpapar.

Sebab, sel memori tidak bertahan selamanya. Ia akan mati seiring waktu. Dengan pemberian vaksin dua kali, tubuh terpapar lebih banyak antigen. Sehingga, sistem imun membuat lebih banyak sel memori.

Hal ini memicu respons antibodi yang lebih cepat dan lebih efektif di masa mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x