Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Covid-19 Meningkat, TNI AD Dirikan RS Lapangan di Solo

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 15:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi terkini Rumah Sakit Lapangan TNI Angkatan Darat di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, nantinya akan ada 20 tenda yang akan digunakan sebagai rumah sakit Covid-19. Tenda-tenda ini akan dilengkapi fasilitas yang standar untuk penanganan Covid-19.

Selain itu akan ada tenda ICU, dimana pasien dengan gejala sedang bisa dirawat. rumah sakit lapangan ini, terintegrasi dengan Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi. Rumah sakit ini dibangun untuk mengantisipasi penuhnya rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Solo.

Sementara rumah sakit rujukan Covid-19 sendiri sudah mendekati batas kemampuan. Dari kapasitas 888 pasien, hanya 130  saja yang masih belum terisi. dDngan adanya rumah sakit lapangan, diharapkan beban dari rumah sakit rujukan bisa sedikit berkurang.

Tenda khusus ini memang cukup lengkap, dan sangat memadai untuk digunakan sebagai rumah sakit. Kendala utama justru pada cuaca buruk yang kerap melanda terutama siang menjelang sore. Hujan deras menyebabkan kontur tanah menjadi lembek dan gembur.

Seperti yang sudah ditargetkan Mabes Angkatan Darat, mulai tanggal 22 Januari hingga tujuh hari berikutnya, semua tenda sudah harus berdiri. Setelah itu barulah akan dilengkapi, baik dari listrik, hingga interior tenda. Yang jelas rumah sakit lapangan ini aman, baik bagi petugas maupun warga di sekitar lokasi.

#RumahSakitLapangan #TNIAD #KotaSolo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.