Kompas TV nasional peristiwa

Tokoh Majelis Mujahidin Indonesia Abu Jibril Meninggal Dunia

Kompas.tv - 26 Januari 2021, 09:55 WIB
tokoh-majelis-mujahidin-indonesia-abu-jibril-meninggal-dunia
Tokoh Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Muhammad Iqbal Abdurrahman atau Abu Jibril. (Sumber: Instagram @tengkuzulkarnain.id)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tokoh Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Muhammad Iqbal Abdurrahman atau Abu Jibril meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan oleh Tengku Zulkarnain dalam akun Instagramnya, Selasa (26/1/2021).

Menurutnya, Abu Jibril meninggal di kediaman pribadinya di Pamulang, Tangerang Selatan, pada Senin (25/1/2021) pukul 23.05 WIB.

Zulkarnain mengungkapkan, Abu Jibril pernah dirawat di RS karena masalah tulang punggung. Sebagai sahabat, Zulkarnain menjenguk Abu Jibril ke Rumah Sakit.

Baca Juga: Wirda Mansur Buka Suara Dijodohkan Ayahnya dengan Putra Syekh Ali Jaber

"Begitu beliau memandang saya di sisi tempat tidur, air mata beliau bercucuran dengan derasnya, karena rasa haru. Kami pun berpelukan dengan air mata berlinangan," tulis Zulkarnain di akun Instagram miliknya @tengkuzulkarnain.id.

Tengku juga mengaku mengaku kehilangan sosok Abu Jibril.

Meski berbeda mazhab dalam Islam, ia menilai Abu Jibril tak pernah saling menyerang pemahaman mazhab orang lain saat berdakwah.

"Kami memang berbeda Madzhab Fiqih. Beliau Madzhab Salafi dan saya bermadzhab Syafi'i. Namun, tidak pernah kami saling menyerang kepahaman dan amal masing masing," katanya.

"Dan, beberapa kali kami tampil ceramah satu panggung bersama, walau isi ceramah masing masing dengan rujukan kitab yang berbeda. Betapa indahnya Islam," sambung Tengku Zulkarnain.

Tengku menilai Abu Jibril merupakan sosok yang penuh perhatian semasa hidupnya. Ia mengenang pada Musim Haji 2017, Abu Jibril pernah menyuapi Tengku saat dirinya mengejar khatam Al-Quran di Arafah, Arab Saudi.

"Sejak pagi saya sudah tancap gas. Beliau membujuk saya untuk makan siang. Saya katakan saya tidak lapar dan ingin khatam sebelum Magrib. Lalu beliau mengambilkan makanan dan menyuapi saya, 'Nanti ustaz sakit'," kenang Tengku.

Baca Juga: Sosok  Bapak Kucing dari Masjid Al-Aqsa Meninggal karena Covid-19

Selain itu, Tengku juga mengatakan dirinya dan Abu Jibril sempat satu pemikiran saat menolak ajaran Syiah dan menggelar aksi 411 dan 212 pada 2016 lalu.

Khusus untuk aksi 411 dan 212, Tengku memiliki kenangan sendiri dengan Abu Jibril. Ia mengatakan Abu Jibril sempat pingsan saat mengikuti aksi tersebut.

Aksi 411 dan 212 adalah rentetan demonstrasi yang dilakukan umat Islam di Jakarta untuk memprotes pernyataan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok lantaran dianggap menghina Islam.

"Kenangan paling indah adalah saat kami bersama dalam barisan bela Agama 411 dan 212 bersama HRS, ananda Arifin Ilham, Syekh Ali Jaber dan lain-lain. Saat itu, beliau sempat pingsan tidak sadarkan diri," kata Tengku.

Baca Juga: Adik Syekh Ali Jaber: Villa Puncak Bukan Miliknya, Jika Temannya Nginap Gratis Itu Dia yang Bayari

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.