Kompas TV regional peristiwa

Kronologi Gas Bocor Sebabkan Lima Orang Tewas di Mandailing Natal

Senin, 25 Januari 2021 | 19:33 WIB
kronologi-gas-bocor-sebabkan-lima-orang-tewas-di-mandailing-natal
Ilustrasi: police line garis polisi. (Sumber: Kompasiana)

MADINA, KOMPAS.TV - Kebocoran gas terjadi pada proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Senin (25/1/2021). Lima orang tewas karena gas dari proyek PT Sorik Merapi Geothermal Plant (SMGP).

“Benar ada lima orang yang meninggal dunia akibat menghirup udara yang telah bercampur dengan gas beracun di sekitar lokasi,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, dikutip dari CNN Indonesia.

Baca Juga: LAPAN: Suara Dentuman di Bali Diduga Asteroid Jatuh

Hadi mengatakan, pembangunan pembangkit listrik itu sudah berjalan 80 persen.

“Saat itu ada pekerja PT SMGP yang bernama Deden Dermawan membuka keran master palep untuk mengalirkan panas bumi atau fluida ke pipa sbend dan membuka keran isolasi palep panas bumi atau fluida agar mengalir ke silencer," tuturnya.

Namun, gas beracun dalam pipa isolasi panas bumi itu malah keluar lewat sumur milik PT SMGP. Warga yang mengetahui kebocoran itu mendatangi pekerja PT SMGP untuk menutup kebocoran.

Ada sebagian warga juga yang mencoba menutup sumur itu.

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:48
BNPB CATAT PER 1 MARET 2021 SUDAH TERJADI 657 BENCANA DI INDONESIA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO TARGETKAN 30.000 RUMAH NON-SUBSIDI DAPAT INSENTIF PPN   MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO: JAMINAN MUTU EKSPOR PERIKANAN PENTING DI PASAR DUNIA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN PENGEMBANGAN 25 KAMPUNG NELAYAN PADA 2021   WAGUB DKI SEBUT PENJUALAN SAHAM PERUSAHAAN BIR PT DELTA DJAKARTA TERKENDALA PERSETUJUAN DARI DPRD DKI JAKARTA   KEPALA BNPB DONI MONARDO AJAK PENYINTAS COVID-19 JADI PENDONOR PLASMA KONVALESEN   PT ANGKASA PURA II PERSIAPKAN PENGGUNAAN ALAT GENOSE DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   KEMENTERIAN KESEHATAN GANDENG HALODOC SIAPKAN VAKSINASI "DRIVE THRU" UNTUK LANSIA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO OPTIMISTIS VAKSINASI BANGKITKAN PARIWISATA INDONESIA   JENNIFER JILL DIREHAB, POLISI PASTIKAN PROSES HUKUM TETAP BERJALAN   LEMBAGA EIJKMAN: PENDONOR PLASMA KONVALESEN TAK AKAN ALAMI EFEK SAMPING   KPU SIAPKAN DATA PEMILIH PEMILU 2019 DAN PILKADA 2020 UNTUK VAKSINASI COVID-19   DINKES DKI: DATA KASUS COVID-19 YANG SEMPAT TERTUNDA AKIBAT PERBAIKAN KONEKSI SISTEM KEMENKES SUDAH OTOMATIS MASUK   DINAS KESEHATAN PADANG TARGETKAN 700.000 WARGA MENERIMA VAKSIN COVID-19