Kompas TV bisnis kebijakan

Bank Syariah Mandiri (BSM) Jadi Bank Penerima Wakaf Uang

Senin, 25 Januari 2021 | 16:23 WIB
bank-syariah-mandiri-bsm-jadi-bank-penerima-wakaf-uang
Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan sambutan di acara peluncuran The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, Selasa (17/11/2020) secara virtual. (Sumber: Dok. KIP/Setwapres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menunjuk Bank Syariah Mandiri (BSM) sebagai bank penerima wakaf uang. Wakaf uang merupakan perluasan wakaf yang lebih modern.

Sehingga masyarakat bisa memberikan wakaf, tidak lagi hanya berbentuk aset tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan.

"Penunjukan pengelola uang wakaf yang profesional dan modern, agar nantinya pokok wakaf dapat dijaga agar tidak berkurang atau hilang, sehingga dapat memupuk kepercayaan masyarakat luas untuk berwakaf," kata Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah Ma'ruf Amin, pada peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Gerakan Wakaf, Potensinya Mencapai Rp 2.118 Triliun

Selain menunjuk BSM sebagai penerima wakaf uang, pemerintah juga menunjuk Mandiri Manajemen Investasi sebagai pengelola wakaf uang.

"Dana yang dikumpulkan nantinya akan digunakan untuk pembangunan yang berbasis ekonomi syariah. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan berdampak pada menurunnya kemiskinan dan ketimpangan," tambah Ma'ruf.

Ia juga berharap pengelolaan wakaf uang yang lebih profesional dapat menggaet pewakaf (wakif) kelas menengah yang memiliki dana besar seperti korporasi, individu pemilik aset besar, sosialita, hingga para milenial.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:19
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT