Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ini Isi Surat untuk Jokowi dari Ortu Siswi Nonmuslim Dipaksa Berjilbab di Padang

Senin, 25 Januari 2021 | 09:49 WIB

PADANG, KOMPAS.TV – Orang Tua dari Jeni Cahyani Hia masih belum bisa menerima kebiakan sekolah atas wajibnya siswi nonmuslim untuk berjilbab.

Melalui Kuasa Hukumnya, Mendrofa, ia melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Komnas HAM terkait aturan mengenakan jilbab di Sekolah.

"Surat kami kirim pada 21 Januari 2021 kemarin,”ujar Mendrofa.

Mendrofa juga jelaskan berharap agar Komnas HAM melakukan penyelidikan ke lapangan terkait kasus ini.

"Kami sekarang menunggu tindak lanjut dari Komnas HAM. Tentu saja kami berharap adanya peraturan dari pemerintah pusat supaya tidak ada lagi pemaksaan siswi nonmuslim harus menggunakan jilbab di sekolah negeri," ujar Mendrofa

Mendrofa ceritakan aturan harus kenakan jilbab di sekolah di Kota Padang ini sudah berlangsung sejak 2005, namun baru mencuat karena ada yang berani suarakan keberatan.

Meski kasus aturan berjilbab ini sedang viral, Mandrofa ceritakan Jeni akui tidak mengalami intimidasi selama lingkungan sekolah.

Sebelumnya, beredar sebuah video berisikan adu argumen antara wakil kepala sekolah dengan wali murid soal kewajiban memakai jilbab bagi seluruh siswi sekolah di Padang tidak terkecuali bagi mereka yang non-muslim. Video berdurasi 15 menit tersebut, dibagikan melalui akun media sosial wali murid yang merasa keberatan atas kebijakan sekolah.

Penulis : Theo Reza


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:10
MENKES INGIN STRATEGI 3T DIGENCARKAN PEMDA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI LAJU PENULARAN COVID-19   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO OPTIMISTIS VAKSINASI BANGKITKAN PARIWISATA INDONESIA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DORONG SUBSEKTOR EKONOMI KREATIF DAPAT PRIORITAS VAKSINASI COVID-19   LEMBAGA EIJKMAN: PEMBERIAN PLASMA KONVALESEN KEPADA PASIEN COVID-19 HARUS SEDINI MUNGKIN   PALANG MERAH INDONESIA SEBUT PERMINTAAN PLASMA KONVALESEN HARUS DARI DOKTER YANG MERAWAT   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI HARAP PENYINTAS COVID-19 BERSEDIA JADI PENDONOR PLASMA KONVALESEN    KETUA DEWAN PAKAR PENGURUS BESAR IDI MENALDI RASMIN: VAKSINASI CARA PALING ETIS UNTUK CAPAI KEKEBALAN KOMUNITAS    IDI HARAP LAYANAN KESEHATAN DIGITAL PERKUAT KESEHATAN NASIONAL   PEMERINTAH TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK LANSIA DI 34 PROVINSI SELESAI MEI ATAU JUNI 2021    MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA SAMBUT BAIK UPAYA PEMPROV DKI KEMBANGKAN JALUR SEPEDA PERMANEN   KEMENKES HARAP KEHADIRAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL DAPAT MUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN PENGOBATAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI BERENCANA KEMBANGKAN LAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) DI BERBAGAI DAERAH   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG: PELANGGARAN TATA RUANG TERBANYAK ADA DI PERKANTORAN   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI: DPD DUKUNG KEMAJUAN PENGEMBANGAN DAERAH UNTUK INDONESIA MAJU