Kompas TV video cerita indonesia

Penjelasan Kepala BMKG Mengenai Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia

Kompas.tv - 23 Januari 2021, 23:45 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan penjelasan mengenai adanya potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi di Indonesia selama beberapa bulan ke depan.

"BMKG memberikan peringatan dini potensi terjadinya kondisi ekstrem terkait dengan cuaca akibat adanya berbagai fenomena yang saat itu fenomenanya dikhawatirkan akan terjadi bersamaan pada saat musim hujan, terutama pada puncak musim hujan di bulan Januari Februari," ujar Dwikorita.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Dengan Curah Hujan Naik 40-80% Hingga Masuk Bulan Maret, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Hal itu disampaikan Dwikorita dalam video Zoom Meeting Konferensi Pers Perkembangan Cuaca di Musim Hujan 2021 & Mitigasi Gempa Bumi & Tsunami di Indonesia, pada hari Sabtu (23/1/21).

Dwikorita juga menyebutkan adanya pengaruh fenomena global La Nina yang turut mempengaruhi puncak musim hujan di Indonesia.

"Fenomena tersebut yang pertama adalah fenomena iklim global yang tidak lazim terjadi setiap tahun. Ini merupakan siklus antara 2 sampai 8 tahun kurang lebihnya. Disebut fenomena La Nina akibat adanya anomali suhu muka air laut di wilayah samudera pasifik bagian tropis," lanjut Dwikorita.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.