Kompas TV feature ngopi

Pentingnya Kesadaran Untuk Vaksinasi Covid-19 - NGOPI (Bag 3)

Sabtu, 23 Januari 2021 | 02:50 WIB

JAKARTA,KOMPAS.TV - Pemerintah melarang WNA masuk sejak tanggal 1 Januari 2021, namun peraturan tersebut menuai pro dan kontra karena pada tanggal sebelumnya WNI justru dibebaskan untuk mondar-mandir berlibur atau pulang kampung.

Banyaknya masyarakat yang berpergian pada akhir tahun baru membuat lonjakan kasus positif Covid-19. Lalu sebenernya bagaimana kepedulian masyrakat sendiri untuk pencegahan penyebaran Covid-19?

Bukankah masyrakat juga seharusnya sadar diri dan tidak hanya berharap dari pemerintah?

Bagaimana dengan para influencer yang mempromosikan berwisata di masa pandemi?

Manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh Anda pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. \

Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan. Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol). 

Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin yang penting bagi tubuh:

Mencegah penyebaran penyakit

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Contohnya, kasus kematian pada bayi dan anak-anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis (batuk rejan) yang dahulu pernah menggemparkan dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.

Penulis : Yudho Priambodo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:40
BNPB CATAT PER 1 MARET 2021 SUDAH TERJADI 657 BENCANA DI INDONESIA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO TARGETKAN 30.000 RUMAH NON-SUBSIDI DAPAT INSENTIF PPN   MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO: JAMINAN MUTU EKSPOR PERIKANAN PENTING DI PASAR DUNIA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN PENGEMBANGAN 25 KAMPUNG NELAYAN PADA 2021   WAGUB DKI SEBUT PENJUALAN SAHAM PERUSAHAAN BIR PT DELTA DJAKARTA TERKENDALA PERSETUJUAN DARI DPRD DKI JAKARTA   KEPALA BNPB DONI MONARDO AJAK PENYINTAS COVID-19 JADI PENDONOR PLASMA KONVALESEN   PT ANGKASA PURA II PERSIAPKAN PENGGUNAAN ALAT GENOSE DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   KEMENTERIAN KESEHATAN GANDENG HALODOC SIAPKAN VAKSINASI "DRIVE THRU" UNTUK LANSIA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO OPTIMISTIS VAKSINASI BANGKITKAN PARIWISATA INDONESIA   JENNIFER JILL DIREHAB, POLISI PASTIKAN PROSES HUKUM TETAP BERJALAN   LEMBAGA EIJKMAN: PENDONOR PLASMA KONVALESEN TAK AKAN ALAMI EFEK SAMPING   KPU SIAPKAN DATA PEMILIH PEMILU 2019 DAN PILKADA 2020 UNTUK VAKSINASI COVID-19   DINKES DKI: DATA KASUS COVID-19 YANG SEMPAT TERTUNDA AKIBAT PERBAIKAN KONEKSI SISTEM KEMENKES SUDAH OTOMATIS MASUK   DINAS KESEHATAN PADANG TARGETKAN 700.000 WARGA MENERIMA VAKSIN COVID-19