Kompas TV feature ngopi

Apa Guna Vaksinasi Tanpa Kontrol Diri - NGOPI (Bag 1)

Sabtu, 23 Januari 2021 | 02:45 WIB

JAKARTA,KOMPAS.TV - Pemerintah melarang WNA masuk sejak tanggal 1 Januari 2021, namun peraturan tersebut menuai pro dan kontra karena pada tanggal sebelumnya WNI justru dibebaskan untuk mondar-mandir berlibur atau pulang kampung.

Banyaknya masyarakat yang berpergian pada akhir tahun baru membuat lonjakan kasus positif Covid-19. Lalu sebenernya bagaimana kepedulian masyrakat sendiri untuk pencegahan penyebaran Covid-19?

Bukankah masyrakat juga seharusnya sadar diri dan tidak hanya berharap dari pemerintah?

Bagaimana dengan para influencer yang mempromosikan berwisata di masa pandemi?

Manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh Anda pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi. \

Vaksin mengandung virus atau bakteri, baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan. Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol).

Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin yang penting bagi tubuh:

Mencegah penyebaran penyakit

Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Contohnya, kasus kematian pada bayi dan anak-anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis (batuk rejan) yang dahulu pernah menggemparkan dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.

Penulis : Yudho Priambodo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:16
MENKES INGIN STRATEGI 3T DIGENCARKAN PEMDA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI LAJU PENULARAN COVID-19   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO OPTIMISTIS VAKSINASI BANGKITKAN PARIWISATA INDONESIA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DORONG SUBSEKTOR EKONOMI KREATIF DAPAT PRIORITAS VAKSINASI COVID-19   LEMBAGA EIJKMAN: PEMBERIAN PLASMA KONVALESEN KEPADA PASIEN COVID-19 HARUS SEDINI MUNGKIN   PALANG MERAH INDONESIA SEBUT PERMINTAAN PLASMA KONVALESEN HARUS DARI DOKTER YANG MERAWAT   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI HARAP PENYINTAS COVID-19 BERSEDIA JADI PENDONOR PLASMA KONVALESEN    KETUA DEWAN PAKAR PENGURUS BESAR IDI MENALDI RASMIN: VAKSINASI CARA PALING ETIS UNTUK CAPAI KEKEBALAN KOMUNITAS    IDI HARAP LAYANAN KESEHATAN DIGITAL PERKUAT KESEHATAN NASIONAL   PEMERINTAH TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK LANSIA DI 34 PROVINSI SELESAI MEI ATAU JUNI 2021    MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA SAMBUT BAIK UPAYA PEMPROV DKI KEMBANGKAN JALUR SEPEDA PERMANEN   KEMENKES HARAP KEHADIRAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL DAPAT MUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN PENGOBATAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI BERENCANA KEMBANGKAN LAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) DI BERBAGAI DAERAH   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG: PELANGGARAN TATA RUANG TERBANYAK ADA DI PERKANTORAN   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI: DPD DUKUNG KEMAJUAN PENGEMBANGAN DAERAH UNTUK INDONESIA MAJU