Kompas TV internasional kompas dunia

Sedih, Karnaval Rio di Brazil Akhirnya Batal Digelar Tahun Ini Karena Pandemi Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:48 WIB
sedih-karnaval-rio-di-brazil-akhirnya-batal-digelar-tahun-ini-karena-pandemi-covid-19
Anggota sekolah samba Barroca Zona Sul sedang menari riang saat ikut serta dalam parade Karnaval di Sao Paulo, Brasil, pada 21 Februari 2020. Karnaval Rio yang sedianya digelar Febuari, diundur ke bulan Juli, namun akhirnya Karnaval Rio 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19 (Sumber: Xinhua/Rahel Patrasso)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV - Pecinta karnaval, terlebih lagi karnaval yang paling kubro sejagat yaitu Karnaval Rio, anda kali ini boleh bersedih namun apa boleh buat. Wali Kota Rio de Janeiro Eduardo Paes hari Kamis (21/01/2021) mengumumkan tahun ini Karnaval Rio ditiadakan karena pandemi Covid-19, demikian dilansir Xinhua, Jum'at (22/01/2021). 

"Tidak pernah saya sembunyikan perasaan ini dan hasrat saya untuk karnaval kita, apalagi visi saya jelas terkait nilai ekonomi dan tentang ekspresi budayanya (dari karnaval itu) bagi kota kita. Namun mau bagaimana lagi, tampaknya tiada gunanya lagi saya berangan-angan bila kondisi kota kita memungkinkan untuk perhelatan akbar kita, yaitu Karnaval di bulan Juli," tulis Paes lirih di akun Twitternya. 

Karnaval Rio di kota Rio de Janeiro sudah dimundurkan jadwalnya sebanyak dua kali, sedianya terjadwal untuk dipestakan pada 13 - 16 Februari nanti, namun mundur ke bulan Juli. Kini, keputusannya aalah harus menunda hingga ke tahun depan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Rio De Janeiro Melonjak, Kematian Meningkat

Seorang siswa sekolah samba Sao Clemente di Rio de Janeiro selfi esebelum memulai tarian pada karnaval dan parade di Rio de Janeiro awal tahun 2020. Karnaval Rio yang sedianya digelar Febuari, diundur ke bulan Juli, namun akhirnya Karnaval Rio 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19 (Sumber: The Atlantic)

"Perayaan ini membutuhkan banyak persiapan dari lembaga dan institusi publik serta gilda (guild) yang terkait samba. Sesuatu yang tidak mungkin dilakukan saat ini," kata Paes.

Kendati demikian, sang wali kota meyakinkan jika vaksinasi massal COVID-19 berhasil, pada 2022, "Jika vaksinasi massal Covid-19 berhasil, pada 2022, "kami akan dapat merayakan kehidupan dan budaya kami dengan seluruh geletar yang layak kami dapatkan."

Karnaval Rio de Janeiro adalah pesta terbuka terbesar di dunia, menarik jutaan pengunjung setiap tahun, baik warga Brasil maupun warga asing.

Penulis : Edwin Shri Bimo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:07
SEJUMLAH LANSIA KELUHKAN ANTREAN SAAT HARI PERTAMA VAKSINASI COVID-19 DI MAL LIPPO PURI KEMBANGAN, JAKBAR   BPOM: TAK SEMUA VAKSIN COVID-19 DAPAT IZIN PENGGUNAAN DARURAT MELAINKAN HARUS MELAKUKAN UJI KLINIS DI INDONESIA    BPOM TELAH TERBITKAN IZIN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA PADA 22 FEBRUARI 2021    KEPALA BPOM PENNY LUKITO SEBUT VAKSIN COVID-19 ASTRAZENECA BISA DIBERIKAN KEPADA KELOMPOK LANSIA   BPOM: SEJUMLAH NEGARA BERPOPULASI MUSLIM JUGA IZINKAN PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN ASTRAZENECA   BPOM: UJI KLINIS VAKSIN ASTRAZENECA TERHADAP 23.745 SUBYEK AMAN DAN DAPAT DITOLERANSI DENGAN BAIK   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: ADA SEKITAR 250 LANSIA YANG DITARGETKAN MENERIMA VAKSIN HARI INI   KPK SEBUT PENGADAAN TANAH DI MUNJUL, CIPAYUNG, JAKTIM, YANG SEDANG DIUSUT BELUM ADA PERUNTUKANNYA   MENKUMHAM YASONNA LAOLY TEGASKAN KEMENKUMHAM AKAN BERSIKAP OBYEKTIF DALAM TANGANI KISRUH PARTAI DEMOKRAT   REVISI UU ITE TAK MASUK DALAM DAFTAR PROLEGNAS PRIORITAS 2021 YANG DISEPAKATI PEMERINTAH, DPR, DAN DPD    BALEG DPR MENETAPKAN 33 RUU DALAM PROLEGNAS PRIORITAS 2021   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO DORONG 244 DESA WISATA BERKEMBANG MENJADI UNICORN   SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKSEL GENCARKAN UJI EMISI KENDARAAN BERMOTOR SECARA GRATIS   PEMERINTAH SIAPKAN JAMINAN KEAMANAN UNTUK PENYELENGGARAAN PON DAN PEPARNAS 2021 DI PAPUA