Kompas TV internasional kompas dunia

Covid-19 Kembali Mewabah di Cina, Bursa Saham Global Anjlok

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:08 WIB
covid-19-kembali-mewabah-di-cina-bursa-saham-global-anjlok
Ilustrasi bursa saham (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasar saham dunia dan Amerika bergerak turun pada Jumat (22/1/2021) setelah kasus Covid-19 kembali muncul di Cina dan melonjak naik di negara-negara Asia Tenggara.

Bursa saham London dan Frankfurt melemah saat dibuka. Hal serupa juga terjadi di bursa saham Shanghai, Honkong, dan Tokyo.

Optimisme karena dimulainya vaksinasi Covid-19 dihantam oleh lonjakan kasus Covid-19 di Cina, di mana sebelumnya wabah berhasil dikendalikan. Pemerintah Cina sedang melakukan pengetesan massal pada jutaan orang di Beijing dan kota-kota lainnya.

Pihak berwenang juga menghimbau masyarakat Cina tak melakukan mudik saat liburan Tahun Baru Cina pada Februari.

“Menambah kekhawatiran investor yang mempermasalahkan seberapa cepat vaksinasi bisa mencapai orang-orang paling rentan dan ekonomi bisa kembali berjalan seperti biasa, setelah vaksinasi global mulai berjalan dengan lambat,” kata Stephen Innes dari perusahaan peradagangan online Axi.

Pada pembukaan bursa, FTSE 100 di London melemah 0,5  % ke angka 6.680,13 dan DAX di Frankfurt melemah 0,5% menjadi 13.834,85. CAC 40 di Prancis melemah 0,6% menjadi 5.557,42.

Di Wall Street, indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average melemah 0,5%. Sebelumnya, pada Kamis (21/1/2021) S&P 500 melemah hingga 0,1%. Sementara, Dow Jones melemah melemah kurang dari 0,1%.

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:02
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT