Kompas TV regional peristiwa

Terancam Tutup Dihantam Pandemi, Saung Angklung Udjo Buka Donasi

Jumat, 22 Januari 2021 | 16:56 WIB
terancam-tutup-dihantam-pandemi-saung-angklung-udjo-buka-donasi
Para pemain angklung dan penari di Saung Angklung Udjo (sumber: angklung-udjo. co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Saung Angklung Udjo, sebuah tempat wisata berbasis budaya daerah, di Bandung, Jawa Barat,  kini sedang menghadapi kondisi yang sangat sulit. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 silam, para pekerja seni, penari dan pembuat angklung mulai berhenti berkreasi.

Padahal sebelum wabah melanda, Saung Angklung  Udjo yang didirikan oleh Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati ini,  tak pernah sepi dikunjungi wisawatan baik domestik maupun mancanegara. Bahkan, pebalap MotoGP Marc Marquez pernah mampir ke kawasan wisata yang berdiri sejak 1966 ini. 

Para pemain angklung di sana pun selalu tampil di berbagai acara. Hingga ke mancanegara. 

Baca Juga: Kreatif! "Lagu Lebaran" Virtual Ala Jei Angklung!

Menurut Direktur PT Saung Angklung Udjo (SAU)  Taufik Hidayat, kunjungan wisatawan  menurun drastis sejak Maret 2020 lalu. "Biasanya tamu 2.000 orang per hari, sekarang 20 orang per minggu saja sulit," kata Taufik, Kamis (21/1/2021).  

Pembatasan sosial dan jaga jarak yang diterapkan selama wabah covid-19, jelas merupakan salah satu kendala. Dan itu membuat wisatawan tidak akan datang ke sini. Namun bukan berarti mereka tak berinovasi.

Di laman facebook, mereka menawarkan wisata virtual dengan berbagai tema. Misalnya, tema “kaulinan budaka lembur”(permainan anak kampung). Bagi yang berminat atau ingin bekerjasama  bisa mendaftar ke nomor yang disediakan.

Penulis : Iman Firdaus


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:10
PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA HARAP BANTUAN STIMULUS SEGERA CAIR UNTUK SEKTOR PARIWISATA TAHUN 2021   PEMKOT SALATIGA GELAR SAYEMBARA KEDISIPLINAN TINGKAT RW DALAM PENERAPAN PROKES DI TENGAH PANDEMI   KEMENKES HARAP KEHADIRAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL MEMUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN PENGOBATAN    PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   MENHUB BUDI KARYA SUMADI BERENCANA KEMBANGKAN LAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) DI BERBAGAI DAERAH   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG: PELANGGARAN TATA RUANG TERBANYAK ADA DI PERKOTAAN   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI: DPD DUKUNG KEMAJUAN PENGEMBANGAN DAERAH UNTUK INDONESIA MAJU   MENDAGRI HARAP DAMKAR TURUT BERKONTRIBUSI HENTIKAN PENYEBARAN COVID-19   HUT KE-102 DAMKAR, MENDAGRI INGATKAN PETUGAS DAMKAR TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERTUGAS   KAROPENMAS HUMAS POLRI BRIGJEN RUSDI HARTONO SEBUT 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM MASUK KELOMPOK FAHIM   TANGKAP 12 TERORIS DI JATIM, DENSUS 88 SITA PULUHAN BUTIR PELURU HINGGA BUSUR PANAH   DENSUS 88 TERUS DALAMI SOAL RENCANA EKSEKUSI DAN SASARAN AKSI YANG AKAN DILAKUKAN 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM   POLRI SEBUT 12 TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI JAWA TIMUR TELAH MERENCANAKAN AKSI TEROR   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN TATA TROTOAR DI KAWASAN KEBAYORAN BARU SEPANJANG 4,6 KILOMETER MULAI MEI 2021