Kompas TV regional peristiwa

Hendak Digusur Korporat Sawit, Masyarakat Adat Papua Lancarkan Protes

Jumat, 22 Januari 2021 | 15:29 WIB
hendak-digusur-korporat-sawit-masyarakat-adat-papua-lancarkan-protes
Hutan papua yang dibabat untuk dijadikan perkebunan sawit. (Sumber: Greenpeace via Kompas.com)

BOVEN DIGOEL, KOMPAS.TV - Masyarakat adat suku Auyu Papua melakukan protes di depan Kantor Bupati Boven Digoel, Papua pada Kamis (21/1/2021). Mereka meminta pembabatan hutan milik leluhur mereka berhenti.

Protes itu menyusul munculnya alat berat di sekitar hutan masyarakat adat Auyu Papua. PT Indo Asiana Lestari (IAL) mengendalikan alat-alat berat itu untuk membabat lebih dari 39 ribu hektar hutan masyarakat Auyu.

Proses pembabatan hutan ini adalah bagian dari proyek Tanah Merah. Proyek ini berencana mengubah hutan seluas 280 ribu hektar menjadi perkebunan sawit.

Baca Juga: Jokowi Tak Pernah Obral Izin Kebun Sawit, Begini Penjelasan Moeldoko

Egedius Pius Suam, kepala suku Auyu mengatakan, mereka belum mengetahui apakah IAL telah mengantongi izin membabat hutan mereka.

“Karena itu kami mendesak pemerintah dan anggota DPRD memanggil perusahaan itu dan meminta mengecek izinnya. Kalau mereka tak bisa menemukan perizinan secara jelas, maka saya minta sanksi diberikan dan perusahaan itu harus pergi,” kata Egedius pada Mongabay.com.

Frengky Hendrikus Woro, anggota suku Auyu menceritakan, masalah itu bermula saat IAL mendekati masyarakat setempat pada 2017.

Penulis : Ahmad Zuhad


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:11
KAROPENMAS HUMAS POLRI: 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   DISHUB DKI JAKARTA: KENDARAAN YANG TAK LULUS UJI EMISI AKAN DIKENAKAN TARIF PARKIR TERTINGGI   KETUA MAJELIS PERTIMBANGAN KARANG TARUNA GIBRAN RAKABUMING RAKA MINTA KARANG TARUNA DUKUNG VAKSINASI COVID-19   DUKUNG PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK, POLDA JATENG PASANG KAMERA DI HELM POLANTAS   KEMENAKER DORONG DUNIA USAHA SEGERA BUAT STRUKTUR DAN SKALA UPAH SESUAI DENGAN PERATURAN PENGUPAHAN TERBARU   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN AKSELERASI PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK BERBASIS BATERAI   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT GENOSE MERUPAKAN INOVASI ANAK BANGSA YANG HARUS DIDUKUNG   TIM DVI POLRI TUTUP IDENTIFIKASI KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182, 3 ORANG BELUM TERIDENTIFIKASI   BEKERJA SAMA DENGAN KPU, MENKES HARAP MASYARAKAT BISA RASAKAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS DATA   KPU DAN KEMENKES TANDA TANGANI MOU SOAL AKSES DATA UNTUK VAKSINASI COVID-19   KPU SIAP BEKERJA SAMA DENGAN INSTANSI YANG MEMBUTUHKAN DATA PEMILIH   SATGAS: TEMUAN KASUS COVID-19 DARI MUTASI VIRUS CORONA B.1.1.7 ASAL INGGRIS AKAN DITELUSURI LEBIH LANJUT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT   KETUA DPD MINTA PEMDA HADIRKAN KEBIJAKAN INOVATIF DI SEKTOR EKONOMI AGAR PROSES PEMULIHAN DARI PANDEMI LEBIH CEPAT