Kompas TV regional berita daerah

Kampanye Pelestarian Hewan Langka Dilindungi Melalui Kerajinan Patung

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Maraknya perburuan satwa langka dilindungi memantik perajin kayu pahat di Kabupaten Jember Jawa Timur memproduksi patung hewan langka dari kayu jati. Selain bernilai jual tinggi, karyanya tersebut juga untuk kampanye pelestarian habitat satwa.

Adalah Joko, warga Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang  memproduksi patung satwa langka dilindungi. 

Baca Juga: Usir Jenuh, Warga Pengungsi Buat Kerajinan Ukiran Kayu

Joko awalnya pengukir dan pembuat meja kursi berbahan kayu, yang dipasarkan di lokal Jember. Namun karena prihatin dengan maraknya perburuan satwa dilindungi, ia kemudian membuat patung satwa langka dilindungi.

Dengan dibantu sejumlah rekannya, Joko membuat patung satwa langka, yang kerap menjadi incaran para pemburu liar, seperti elang jawa, lutung jawa, penyu hijau, ular sanca dan ayam hutan

Pembuatan patung satwa langka dilakukan dengan cara mengukir kayu jati secara detail agar hasilnya mirip dengan satwa aslinya.

Baca Juga: Inspiratif! Penyandang Disabilitas Raih Sukses Dari Usaha Ukir Kayu

Kayu jati yang digunakan berkualitas tinggi sehingga nilai jual patung itu mencapai 2,5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah. Hasil karyanya terlihat lebih indah  dan alami dengan balutan cat pernis.

Kini karyanya banyak dipesan oleh para kolektor patung satwa dari berbagai kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Jogjakarta dan Bali.

 

#KerajinanPatung #SatwaLangka #SatwaDilindungi #KayuJati

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x