Kompas TV regional berita daerah

Menipu Seorang Wanita, Pilot Gadungan Dibekuk Polisi

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Seorang pilot gadungan yang mengaku bekerja di maskapai penerbangan ditangkap petugas Kepolisian Resor Kota Banyuwangi Jawa Timur pada Kamis siang (21/01).

Pelaku ditangkap setelah dilaporkan oleh pacarnya sendiri, karena kabur membawa uang korban. Pelaku adalah Thofan Noviandi Alias Thofan Purnama, warga Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Pelaku Penipuan Modus Telepon Ditangkap

Pelaku ditangkap polisi di sebuah pertokoan setelah menipu korbannya hingga jutaan rupiah. Ia ditangkap saat masih mengenakan pakaian layaknya pilot maskapai penerbangan. Pelaku sendiri mengaku sebagai pilot Garuda saat ditangkap.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan pelaku berpura-pura menjadi pilot untuk mengelabui korban, yang dikenalnya melalui aplikasi mechat.

Setelah memacari korban, pelaku kemudian meminjam uang 2 juta lebih dan menjanjikan korban akan diajak terbang ke Jakarta untuk menemui orang tua pelaku.

Baca Juga: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Satgas Covid-19, Modusnya Menakut-nakuti hingga Pemerasan

Namun hingga tiba waktunya, pelaku tiba-tiba menghilang dan tidak bisa dihubungi. Korban yang merasa ditipu langsung melaporkan kasus tersebut  ke polisi.

Pelaku mengaku mendapatkan seragam dan atribut pilot dengan membelinya di Pasar Turi Surabaya dan membuatnya sendiri.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

 

#PilotGadungan #Penipuan #PolrestaBanyuwangi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.