Kompas TV video cerita indonesia

Longsor dan Jalan Terputus, Bantuan Korban Gempa Mamuju - Majene Dikirimkan Lewat Udara

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 16:29 WIB
Penulis : Abdur Rahim

MAMUJU, KOMPAS.TV – Sulitnya menyalurkan bantuan bagi korban gempa di Sulawesi Barat, membuat TNI menggunakan jalur udara untuk menuntaskan misi tersebut.

Bantuan disalurkan dengan menggunakan helikopter. Danlanal Mamuju Letkol (Mar) Laode Jimmy mengatakan, opsi udara dipilih  lantaran banyaknya jalanan yang terputus, sehingga mempersulit proses pengiriman bantuan.

“Kendala yang pertama, kalau lewat darat kita sudah lihat sendiri kondisi jalan yang sudah putus. Beberapa pegunungan yang sudah longsor”, ungkap Laode saat diwawancara Kompas TV.

Baca Juga: 7 Bangunan Rusak Akibat Gempa 7,0 di Kepulauan Talaud

Meski demikian, kondisi cuaca yang tak menentu juga kerap menyebabkan bantuan tersebut gagal didistribusikan.

“Kemudian cuaca, seperti kemarin kita sudah bisa coba terbang, ternyata berisiko, kita putuskan kembali ke base”, tambahnya.

Adapun bantuan yang diberikan adalah berupa logistik, makanan, pakaian hingga obat-obatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Ada bantuan logistik, dan juga tenaga kesehatan. Kalau memang harus dievakuasi kita bawa kalau ringan akan ditangani di sana. Ada satu dokter dan satu perawat yg ikut sama kami”, tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.