Kompas TV nasional update corona

Pemprov DKI Jakarta Siapkan 1.500 Petak Makam Jenazah Covid-19 di TPU Rorotan

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 23:16 WIB
pemprov-dki-jakarta-siapkan-1-500-petak-makam-jenazah-covid-19-di-tpu-rorotan
Jumlah pasien meninggal akibat covid-19 yang meningkat, menyebabkan lahan makam di TPU Pondok Ranggon penuh. (Sumber: BONDAN WICAKSONO / KOMPASTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemprov DKI Jakarta menyatakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, siap digunakan. Penggarapan tahap pertama lahan tambahan di TPU Rorotan bisa menampung 1.500 jenazah pasien Covid-19.

Demikian Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan dalam keterangan video, Kamis (21/1/2021). “Kami akan menyiapkan kurang lebih nanti 1.500, di tahap satu ini sudah siap,” kata Riza.

Meski sudah TPU Rorotan sudah siap digunakan, Riza mengatakan hingga kini Pemprov DKI belum menggunakan. Sejauh ini, sambungnya, pemakaman masih menggunakan petak makam di beberapa wilayah di Jakarta

Baca Juga: Kasus Kematian Covid-19 di Jakarta Masih Tinggi, Pemprov Siapkan Lahan di TPU Rorotan

“Kami ingin prioritaskan menyelesaikan petak makam yang masih tersisa di daerah lain, di Serengseng, tempat lain, baru nanti kami gunakan di Rorotan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara Putut Widya Martata mengatakan TPU Rorotan untuk tahap pertama disiapkan sebesar 2 hektar. Saat ini, petugas gabungan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Provinsi DKI Jakarta sudah merampungkan pengerjaan TPU Rorotan seluas 8.000 meter persegi. Putut mengatakan lahan 8.000 meter persegi di TPU Rorotan mampu menampung sekitar 1.500 jenazah

“Jadi rencana tahap pertama ini lahan yang kita urug sebesar dua hektar. Yang 8.000 meter per segi sudah siap digunakan,” kata Putut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x