Kompas TV nasional kesehatan

Pemerintah Akan Kaji Ulang Vaksin Pfizer

Kamis, 21 Januari 2021 | 20:44 WIB
pemerintah-akan-kaji-ulang-vaksin-pfizer
Seorang tenaga kesehatan tengah memegang suntikan dan vaksin Pfizer-BioNTech selama program vaksinasi massal di Wina, Austria pada Jumat (15/1). (Sumber: AP Photo / Ronald Zak)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah akan mengkaji ulang vaksin Pfizer. Hal ini dilakukan untuk merespons kabar 35 lansia di Norwegia yang meninggal dunia usai menerima vaksin Covid-19 tersebut.

"Yang pasti pemerintah melalui Menkes dan BPOM akan mengevaluasi itu," kata Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Kamis (21/2/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Moeldoko memastikan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengedepankan tiga hal dalam pemberian jenis vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Baca Juga: 23 Lansia di Norwegia Tewas Seusai Divaksin Pfizer, Diduga Karena Efek Samping

Ketiga hal tersebut, yakni keamanan, kehalalan, dan efektivitas vaksin. Tiga hal ini adalah patokan utama pemerintah.

Kematian 33 lansia setelah menerima vaksin Pfizer, kata Moeldoko, akan menjadi perhatian pemerintah.

Evaluasi vaksin Pfizer akan menentukan, apakah vaksin buatan Amerika Serikat tersebut akan digunakan di Indonesia atau tidak.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:20
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS