Kompas TV nasional laporan khusus

Duka Indonesia di Awal Tahun 2021, Banjir Bandang Hingga Gempa Bumi - LAPORAN KHUSUS

Kamis, 21 Januari 2021 | 16:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terendam banjir dengan ketinggian 30 hingga 50 cm membuat warga di Jalan Persada Permai III di Kabupaten Barito Kuala, menunjukkan solidaritasnya dengan membangun rakit bambu untuk membawa sepeda motor warga dari lokasi banjir.

Jalan Persada Permai III yang berada di Kabupaten Barito Kuala terendam banjir dengan ketinggian 30 hingga 50 cm akibat setiap malamnya diguyur hujan selama beberapa hari.

Warga pun mengalami kesulitan saat beraktivitas di luar rumah ataupun bekerja, hingga akhirnya beberapa warga secara gotong royong berinisiatif menyiapkan rakit bambu seadanya untuk mengevakuasi ataupun mengamankan sepeda motor para tetangganya, untuk menghindari banjir sampai dititik aman agar bisa kembali beraktivitas.

Mereka melakukannya secara sukarela dan sebagai bentuk solidaritas tanpa meminta bayaran, namun mereka tetap menerima imbalan jika ada tetangganya yang mau memberi secara sukarela.

Di sisi lain, mereka berharap adanya perhatian dari pemerintah ataupun para wakil rakyat untuk memberikan bantuan di lingkungannya yang kini terdampak banjir, hingga mengalami pemadaman listrik dan air bersih selama 3 hari.

Pemerintah masih mempertimbangkan wacana untuk memberi jalan diadakannya vaksin mandiri.

Presiden Joko Widodo menjelaskan pemerintah belum memutuskan untuk membuka opsi vaksin mandiri.

Presiden menyadari, Indonesia dikejar target herd immunity untuk memutus rantai penularan virus corona. 

Upaya memperbanyak vaksinasi masyarakat yakni dengan cara membuka vaksin mandiri, terlebih biaya ditanggung oleh perusahaan.

Presiden Jokowi menilai bisa saja opsi vaksin mandiri dibuka untuk masyarakat. Namun vaksin yang diberikan dan tempat melakukan vaksinasi harus dibedakan.

Penulis : Yudho Priambodo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:08
PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA HARAP BANTUAN STIMULUS SEGERA CAIR UNTUK SEKTOR PARIWISATA TAHUN 2021   PEMKOT SALATIGA GELAR SAYEMBARA KEDISIPLINAN TINGKAT RW DALAM PENERAPAN PROKES DI TENGAH PANDEMI   KEMENKES HARAP KEHADIRAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS DIGITAL MEMUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN PENGOBATAN    PEMKOT PONTIANAK, KALBAR, BENTUK SATGAS UNTUK PENANGANAN KARHUTLA YANG TERJADI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   MENHUB BUDI KARYA SUMADI BERENCANA KEMBANGKAN LAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) DI BERBAGAI DAERAH   KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG: PELANGGARAN TATA RUANG TERBANYAK ADA DI PERKOTAAN   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI: DPD DUKUNG KEMAJUAN PENGEMBANGAN DAERAH UNTUK INDONESIA MAJU   MENDAGRI HARAP DAMKAR TURUT BERKONTRIBUSI HENTIKAN PENYEBARAN COVID-19   HUT KE-102 DAMKAR, MENDAGRI INGATKAN PETUGAS DAMKAR TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT BERTUGAS   KAROPENMAS HUMAS POLRI BRIGJEN RUSDI HARTONO SEBUT 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM MASUK KELOMPOK FAHIM   TANGKAP 12 TERORIS DI JATIM, DENSUS 88 SITA PULUHAN BUTIR PELURU HINGGA BUSUR PANAH   DENSUS 88 TERUS DALAMI SOAL RENCANA EKSEKUSI DAN SASARAN AKSI YANG AKAN DILAKUKAN 12 TERDUGA TERORIS DI JATIM   POLRI SEBUT 12 TERDUGA TERORIS YANG DITANGKAP DI JAWA TIMUR TELAH MERENCANAKAN AKSI TEROR   PEMPROV DKI JAKARTA AKAN TATA TROTOAR DI KAWASAN KEBAYORAN BARU SEPANJANG 4,6 KILOMETER MULAI MEI 2021